Selama 2019, Ketapang Akhirnya Miliki 12 Desa Mandiri

Setelah ia bersama jajaran berjuang berkeliling desa untuk mendorong peningkatan status Desa, kini hasilnya berbuah manis.

Selama 2019, Ketapang Akhirnya Miliki 12 Desa Mandiri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dan Kadis Permukiman Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar saat mengunjungi satu diantara Desa yang kini telah berstatus Desa Mandiri di Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan. 

KETAPANG - Kabupaten Ketapang kini memiliki 12 Desa Mandiri. Padahal sebelumnya, pada tahun 2018 belum ada satu pun Desa yang berstatus Mandiri di Kabupaten tersebut.

Raihan tersebut pun membuat Bupati Ketapang, Martin Rantan merasa senang atas pencapaian itu.

Setelah ia bersama jajaran berjuang berkeliling desa untuk mendorong peningkatan status Desa, kini hasilnya berbuah manis.

Setelah mendapat arahan dari Pemerintah Provinsi Kalbar yang bersinergi dengan TNI Polri, pada awal tahun 2019 lalu, Martin Rantan bersama jajaran Pemkab Ketapang berkeliling ke 60 desa selama 21 hari untuk menyampaikan 21 indikator Desa Mandiri ke tiap-tiap Desa yang dikunjungi.

Poskamling Desa Kebong Raih Juara 2 Kategori Poskamling Desa Mandiri

"Alhamdulillah, Puji Tuhan dipenghujung tahun 2019 ini Desa Mandiri di Kabupaten Ketapang dari 0 menjadi 12 desa, dan salah satunya Desa Kendawangan Kiri ini, tentunya perasaan gembira, senang, karena kita bekerja sudah berhasil dan menjadi bagian komitmen kita bersama," ujar Martin saat berkunjung ke Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, Minggu (30/12/2019).

Berdasarkan catatan Pemkab Ketapang, Kecamatan Air Upas menjadi kecamatan yang memiliki Desa Mandiri terbanyak. Desa tersebut diantaranya Desa Air Upas, Desa Membuluh Baru dan Desa Saribekayas.

Sementara sembilan Desa lainnya yang kini berstatus Desa Mandiri yakni Desa Payak Kumang Kecamatan Delta Pawan, Desa Padang Kecamatan Benua Kayong, Desa Sungai Melayu Kecamatan Sei Melayu Rayak, Desa Kendawangan Kiri Kecamatan Kendawangan, Desa Nanga Tayap Kecamatan Nanga Tayap, Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang Titi, Desa Sandai Kecamatan Sandai, Desa Sandai Kiri Kecamatan Sandai dan Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata. 

Ketua DPRD Beri Apresiasi

Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi turut mengapresiasi dan turut bangga dengan pencapaian tersebut.

Ia pun mengatakan pemerintah daerah baik pihak legislatif maupun eksekutif akan mendukung penuh Desa yang kini berstatus Mandiri itu baik dari anggaran maupun kebijakan.

"Dari 12 desa mandiri ini kita harapkan dapat menularkan (status desa mandiri) ke desa-desa yang lain yang ada di Kabupaten Ketapang. Sehingga nanti tidak hanya 12 desa yang berstatus mendiri, kita harapkan bisa lebih dari itu," pungkas Febriadi.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved