Breaking News:

Jaga Kebersihan Kota, DLH Tambah Personel Saat Malam Pergantian Tahun Baru

Tambahan orang ini diartikan mereka yang kerja siang, dilemburkan untuk meningkatkan pendapatan mereka

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Tinorma Butar butar 

PONTIANAK – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak, Tinorma Butar butar mengatakan akan menugaskan 120 petugas mengatasi potensi tumpuhkan sampah dari masyarakat yang merayakan malam tahun baru di sejumlah titik di Kota Pontianak.

"Seperti biasanya kita memang begitu, meskipun belum ada pemberitahuan yang masuk adanya kegiatan hiburan rakyat," ujar Tinorma Butar butar

Tinorma menjelaskan ditambahnya petugas tersebut bukan berarti penambahan jumlah personil.

Penambahan itu diartikan PHL yang ada saat ini mendapat tambahan jam kerja.

“Tambahan orang ini diartikan mereka yang kerja siang, dilemburkan untuk meningkatkan pendapatan mereka,”  imbuh Tinorma.

Maksimalkan Peran Bank Sampah, DLH Kota Pontianak Kejar 30 Persen Pengurangan Sampah

Ia melanjutkan mereka yang lembur itu nanti ditempatkan di tiga lokasi. Kawasan Alun-alun Kapuas, Jalan Gajahmada dan Taman Digulis Untan. 

“Dari tahun ke tahun tetap fokus pada tiga tempat. Kita juga menambah armada kebersihan. Sebanyak 15 unit kendaraan disiagakan, baik roda tiga dan empat untuk mengangkut sampah," ujarnya.

Ia menyebutkan mereka yang lembur di tiga tempat itu mulai bekerja pukul 01.00 dini hari.

Mereka bekerja tidak hanya membersihkan sampah kembang api, tapi juga sampah lainnya seperti botol minuman atau bungkus makanan.

“Petugas kami mulai pukul 01.00 dini hari, agar sampah-sampah itu tertangani setelah malam tahun baru. Jika ada sisa itu ditangani rutinitas PHL yang mulai pukul 05.00, sehingga setelah jam 08.00, kota tetap bersih,” ujarnya 

Satpol PP Tindak Tegas Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

Menurut Tinorma rutinitas seperti ini sudah berlangsung setiap tahunnya, sehingga meskipun belum ada pemberitahuan resmi DLH setiap malam tahun baru selalu menambah personil dan peralatan guna membersihkan sampah-sampah sisa perayaan saat pergantian tahun. 

“Pengalaman selama ini, saat hujan sulit membersihkan sampah-sampah itu sehingga kami berharap tidak ada hujan saat malam tahun baru,” ujarnya.

Namu demikian, pihaknya mengharapkan Masyarakat dengan sadar menjaga kebersihan. Meskipun merayakan malam pergantian tahun, masyarakat tetap membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan.

“Bantu dan bersinergi dengan petugas untuk menjaga kebersihan. Apalagi tiga tempat itu, sudah tersedia tong-tong sampah, tinggal kesadaran masyarakat apakah mau membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan,” ujarnya. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved