Pasar Bebas Beri Dampak Positif, Suib: Akan Banyak Transaksi Asing Masuk ke Kalbar

Masuknya kapal asing ke Kalbar otomatis mereka ketika mengantar barang tidak mungkin kembali dengan kapal kosong.

Pasar Bebas Beri Dampak Positif, Suib: Akan Banyak Transaksi Asing Masuk ke Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar, Suib saat ditemui diruang kerjanya, Senin (30/12/2019) 

PONTIANAK - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar, Suib mengatakan Pasar Bebas kedepannya akan memberikan dampak yang sangat bagus apalagi jika Kalbar sudah punya pelabuhan internasional untuk ekspor dan impor.

"Selama ini kan kita belum ada pelabuhan untuk ekaport import.Apalagi dikaitkan dengan perpindahan ibu kota yang ada di Kaltim . Otomatis pelabuhan sangat dibutuhkan," ujar Suib, , Senin (30/12/2019).

Ia mengatakan Dampak kedepannya akan banyak transaksi asing yang masuk ke Kalbar salah satunya merapatnya kapal internasional .

Masuknya kapal asing ke Kalbar otomatis mereka ketika mengantar barang tidak mungkin kembali dengan kapal kosong.

Suib Minta Masyarakat Lapor Jika Ada Kelangkaan Bahan Pokok

"Apalagi potensi SDA di Kalbar sangat cocok dari berbagai aspek pangan yang sangat bagus dan itu juga menjadi penggunaan bahan pokok di kehidupan manusia,"ujarnya

Ia melihat ini bisa membuka peluang masyarakat dan bisa dimanfaatkan serta bisa dirasakan dampak positif sampai pada pedesaan .

"Pertama yang harus kita benahi adalah infrastruktur. Karena kalau infrastruktur terbuka akses mobilisasi masuk maka perekonomian pun akan terkena imbas lebih baik," ujarnya

Ia mengatakan terkait daya tarik investasi ketika eksport import terbuka, infrastruktur bagus maka investasi dari luar akan lebih efektif.

"Hari ini investasi masih terkendala infrastruktur , daya listrik dan pelabuhan eksport import tidak ada disini. Saya katakan bahwa manfaatkan lahan yang ada di desa karena kalau pelabuhan jadi tidak menutup kemungkinan semua jenis tanaman yang menghasilkan dan bisa di konsumsi manusia akan ada pasarnya sendiri," jelasnya.

Selain itu dengan ekspor dan impor ini membuka akses perdangan keluar negeri, otomatis akan banyak orang asing masuk ke Kalbar.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved