Program 'Praktis', Pindah Kelas untuk JKN-KIS Bisa Lewat Aplikasi Mobile JKN

Sebenarnya saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN, namun saya baru mengetahui kalau perpindahan kelas dapat dilakukan melalui aplikasi.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Andita Yulandari (26) tunjukkan kartu JKN KIS 

PONTIANAK -  Pemerintah memberikan Jaminan Kesehatan untuk masyarakat Indonesia melalui Program JKN-KIS sejak Januari 2014 .

Program Jaminan Kesehatan Nasional saat ini sudah akan memasuki tahun ke-6.

Ada jutaan masyarakat yang dulunya tidak memiliki jaminan kesehatan, kini mereka memiliki akses yang sangat mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Salah satu diantaranya adalah Andita Yulandari  (26) yang biasa dipanggil Dita, kesehariannya bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jakarta.

Perpres 82 Pertegas Denda Peserta JKN KIS

Hampir sebagian waktunya digunakan untuk merawat orang yang memutuhkan.

Beberapa hari yang lalu Dita ingin melakukan pengurusan perpindahan kelas untuk kartu JKN-KIS yang ia miliki, namun Dita tak punya waktu untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Setelah menghubungi salah satu keluarganya di Pontianak,

Dita mendapat informasi bahwa perpindahan kelas saat ini dapat dilakukan lewat aplikasi Mobile JKN.

“Sebenarnya saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN, namun saya baru mengetahui kalau perpindahan kelas dapat dilakukan melalui aplikasi. Bagi saya hadirnya aplikasi Mobile JKN telah menjawab semua kebutuhan layanan program JKN-KIS ditambah lagi kini pindah kelas juga bisa, praktis banget,” tutur Andita Yulandari

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Dwi Restiyanti membenarkan hal tersebut, saat ini BPJS Kesehatan tengah mengembangkan Program Praktis (Perubahan Kelas Tidak Sulit).

Nurhasanah Bangga Jadi Peserta JKN KIS

“Sebagai wujud komitmen peningkatan mutu layanan sekaligus memberikan kemudahan layanan administrasi bagi pesert JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program Praktis (Perubahan Kelas Tidak Sulit). Bagi peserta PBPU/BP atau yang biasa disebut peserta mandiri yang ingin melakukan perubahan kelas sesuai dengan kemampuan diberikan kemudahan tanpa harus menunggu waktu satu tahun di kelas perawatan sebelumnya,” tutur Yanti.

Halaman
12
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved