Anggota DPD RI Mantan Wagub Kalbar Dua Periode Puji Damkar Panca Bhakti Pontianak

Christiandy mendorong agar Damkar yang ada di Kalbar perlu diupayakan kordinasi yang terpusat oleh pihak berkompeten pemerintah.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Anggota DPD RI, Christiandy Sanjaya yang juga mantan Wagub Kalbar dua periode saat berkunjung ke Damkar Panca Bhakti Kota Pontianak. IST (Filw Christiandy) 

PONTIANAK - Anggota DPD RI, Christiandy Sanjaya yang juga mantan Wagub Kalbar dua periode menyerap aspirasi Damkar Panca Bhakti Kota Pontianak.

Ia pun menyerahkan bantuan berupa selang pada Damkar yang berada di Jalan Suprapto Kota Pontianak.

Ketua Yayasan, Tio Cia Yong (60) mengungkapkan jika yayasan Panca Bakti dengan peralatan Damkar selalu menolong masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran serta membantu  pemadaman kebakaran di lahan gambut sekitar pemukiman di Sungai Raya Dalam, Parit Haji Husien serta Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. 

"Peran sosial kemanusiaan ini sudah oleh BPK Panca Bhakti tahun 1985 atau sudah berbakti selama 34 tahun secara cuma-Cuma. Saat ini 30 orang tenaga muda aktif (volunteer) – hingga kini sudah tercatat 300 orang termasuk senior terlibat dalam peran kemanusiaan ini," katanya. 

Informasi Kebakaran di Pasar Nusa Indah Pontianak, Pemadam Panca Bhakti Sempat Sampai ke Lokasi

Namun diungkapkannya, saat melakukan pemadaman kebakaran dilakukan secara volunteer dengan resiko nyawa. 

Kepada Christiandy, pihaknya juga berharap BNPB dapat mengkordinir semua Damkar yang di Kota Pontianak.

Menanggapi hal tersebut, terlebih Kalbar sering terjadi Karhutla dan Kebakaran Gambut dan telah menjadi agenda nasional dalam hal penanganan serta secara khusus di musim panas sering terjadi kebakaran rumah.

Christiandy Sanjaya mendorong agar Damkar yang ada di Kalbar perlu diupayakan kordinasi yang terpusat oleh pihak berkompeten pemerintah. 

Simposium Damkar Panca Bhakti Pontianak Hadirkan Netherlands Brandwees Senior Experts Jean Luijten

Perlu peningkatan ketrampilan semua kelompok Damkar yang ada supaya terjadi pertolongan dan penangan kebakaran yang efektif dan menekan resiko seminim mungkin.

Selain itu, agar pihak provinsi dan pusat perlu memberikan perhatian dana dan peningkatan SDM dengan menerapkan pola Managemen BPK Berjejaring – Partnership.

"Secara khusus saya memberikan pengharagaan pada Yayasan Panca Bhakti atas perjuangan dan konsistensi melakukan misi sosial kemanusian – penanggulangan kebakaran," katanya.  

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved