Dukung MoU Penelitiaan dengan Balitbang Kalbar, Purwanto: Penelitian Menjadi Ruhnya di Kampus

secara teknis Majelis Pertimbangan akan melakukan sidang sidang minimal 2 kali dalam setahun,

Dukung MoU Penelitiaan dengan Balitbang Kalbar, Purwanto: Penelitian Menjadi Ruhnya di Kampus
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Foto bersama jajaran Balitbang Kalbar dan Majelis Pertimbangan Penelitian usai Sidang Hasil Penelitian Tahun 2019 di Aula Gedung Rektorat UPB Pontianak, Selasa (17/12/2019). 

PONTIANAK -Rektor Universitas Panca Bakti (UPB) Purwanto, SH, menyambut baik dan mengapresiasi kerjasama (memorandum of understanding atau MoU) antara pihak UPB dan Balitbang Kalbar dalam melakukan penelitian.

"Saya apresiasi dan mencermati serta mengaktualisasikan program-programnya sangat progresif, yang mungkin selama ini peran serta teman-teman di dunia kampus kurang begitu dimaksimalkan, akan tetapi saat sekarang bisa dilakukan secara optimal dengan menggandeng teman-teman di kampus," ujar Purwanto, ditemui pada acara Paparan Hasil Kegiatan Tim Pengendali Mutu Tahun 2019 di Rektorat UPB, Selasa (17/12).

Menurut Purwanto, di Kampus mengemban tiga misi, yakni misi penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

"Penelitian ini menjadi ruhnya di kampus. Kalau penelitian dilakukan bisa bersinergi dengan program-program yang dilakukan bersama Balitbang Kalbar, saya yakin di Kalbar nanti akan hadir penelitian-penelitian yang unggul, yang memiliki kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Kalbar," ungkapnya.

Apalagi saat sekarang, kata Purwanto, program Pak Gubernur Sutarmidji mencanangkan akselerasi Desa Mandiri, maka kedepan penelitian-penelitian yang fokus, yang dilakukan oleh Balitbang dengan kampus bisa fokus kepada penguatan program-programnya Pak Gubernur sehingga dampak positifnya tentu nanti masyarakat Kalbar semakin maju, semakin sejahtera.

Balitbang Kalbar Terus Lakukan Pembelajaran untuk Pelayanan Publik Yang Transparan

"Peningkatan IPM yang selama ini, sering di gaung-gaungkan baik teman-teman kampus maupun teman-teman lainnya sehingga bisa kita lakukan lebih maksimal," harapnya.

Dikatakannya juga untuk kampus sendiri sebenarnya beberapa dosen, dalam proses-proses penelitian selalu melibatkan keikutsertaan dari mahasiswa di masing-masing fakultas ada penguatan-penguatan riset tersebut.

"Kalau ini bisa dikomunikasikan dan bisa bersinergi dengan program-program dari pemerintah daerah melalui Balitbang, ini akan lebih baik, bisa fokus dan maksimal, sehingga output dan outcome nya bisa memiliki kontribusi yang baik bagi kemajuan Kalbar, karena negara-negara maju tidak bisa dipungkiri basis dari riset-risetnya, perusahaan-perusahaan yang besar juga sama, saya berkeyakinan ini momentum yang baik," jelasnya.

Purwanto menegaskan kerjasama dengan Balitbang ini sangat didukungnya dan sangat mensuport kerjasama ini, dan beberapa kali juga telah menggelar beberapa kegiatan, seperti wacana-wacana untuk memberi penguatan program penelitian, bahkan saat ini di UPB untuk program pengabdian kepada masyarakat fokuskan kepada wilayah-wilayah pendalaman.

"Potret yang perlu kita lihat yakni untuk percepatan mewujudkan Desa Mandiri, sesuai dengan isu sedang berkembang. Kami juga bersama-sama komunikasikan dan bersinergi dengan Balitbang dalam pengabdian kepada masyarakat, baik dengan mahasiswa kami maupun dosen-dosen yang akan melakukan praktek-praktek kepada pengabadian kepada masyarakat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved