Breaking News:

Hadiri HUT ke-56 Bank Pasar, Edi Kamtono Minta Bank Pasar Terus Berinovasi

Saya berharap Bank Pasar tidak hanya menjadi BPR nomor satu di Pontianak, tetapi juga bisa memberikan manfaat yang besar bagi warga Kota Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Edi Kamtono menghadiri Ulang Tahun ke-56 Bank Pasar di Cafe Kopi Bang Edi, Rabu (18/12/2019) malam. 

PONTIANAK -Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta Perusahaan Umum Daerah (PUD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kota Pontianak tidak hanya sekadar mendapatkan nasabah dan keuntungan semata, tetapi juga mampu menggerakkan perekonomian dan membantu masyarakat berpenghasilan rendah dan sedang.

"Saya berharap Bank Pasar tidak hanya menjadi BPR nomor satu di Pontianak, tetapi juga bisa memberikan manfaat yang besar bagi warga Kota Pontianak," ujarnya saat menghadiri Ulang Tahun ke-56 Bank Pasar di Cafe Kopi Bang Edi, Rabu (18/12/2019) malam.

Ia juga mendorong Bank Pasar harus mampu menangkap peluang terutama dalam menjalankan fungsi sosialnya untuk membantu dan proaktif mendatangi para pelaku usaha mikro yang memiliki potensi awal.

Menurut data Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, tercatat sekitar 7 ribu pelaku UMKM yang terdaftar.

BPR Bank Pasar Jalin Kerjasama dengan Koperasi PDAM Pontianak, Salurkan Modal Usaha Rp 1 Miliar

"Jumlah tersebut merupakan peluang bagi Bank Pasar untuk hadir di tengah-tengah para pelaku UMKM," ujarnya.

Apalagi, dikatakan Edi bahwa bank-bank konvensional memberikan tawaran kemudahan bagi nasabahnya seperti fasilitas ATM yang tersebar di berbagai titik.

"Bank Pasar harus menangkap peluang untuk mengakomodir para pelaku UMKM," sebutnya.

Dirinya menjelaskan sesuai dengan tugas dan fungsinya, peran Bank Pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta bersinergi dengan bank-bank lainnya untuk menggerakkan perekonomian.

Latar belakang berdirinya Bank Pasar ini satu diantaranya membantu UMKM serta untuk mencegah masyarakat terjerat dalam pinjaman dari rentenir.

Hal ini didengarnya langsung dari pelaku UMKM yang mengalami kesulitan modal dan kemudian terpaksa meminjam uang dengan rentenir untuk modal usaha.

"Terjeratnya mereka dengan tawaran rentenir karena kemudahan dan cepatnya proses peminjaman meskipun mereka tahu bunga yang harus dibayarkan lebih besar dari yang berlaku di perbankan," ujarnya.

"Di sinilah peran Bank Pasar dalam rangka membantu permodalan bagi pelaku UMKM dengan prinsip pinjaman cepat, proses mudah dan lancar," imbuhnya

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-56 kepada BPR Bank Pasar sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bawah naungan Pemerintah Kota Pontianak yang berdiri sejak tanggal 18 Desember 1963 silam.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-56 kepada seluruh jajaran Bank Pasar, harus terus berinovasi dengan potensi yang ada bisa ditingkatkan terus menuju digitalisasi. Era digital ini serba cepat, mudah dan murah sehingga lebih gampang," ujarnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 
 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved