Indonesia Lawyers Club

Hasil ILC tvOne Selasa (17/12)! Mahfud MD Sebut Ada Pelanggaran HAM era Pemerintahan Jokowi, Tapi. .

Hasil ILC tvOne Selasa (17/12)! Mahfud MD Sebut Ada Pelanggaran HAM era Pemerintahan Jokowi, Tapi. .

Hasil ILC tvOne Selasa (17/12)! Mahfud MD Sebut Ada Pelanggaran HAM era Pemerintahan Jokowi, Tapi. .
Screenshot TVOne
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kiri) saat memberi pernyataannya di ILC tvOne, Selasa (17/12/2019) malam WIB. 

ILC - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, memberi pernyataannya sekaligus mengawali diskusi bertajuk Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne dengan topik "Benarkah Tidak Ada Pelanggaran HAM Era Jokowi?" Selasa (20/11/2019) malam WIB.

Mahfud MD dengan tegas mengatakan bahwa ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pernyataan ini sekaligus mematahkan informasi liar yang menyebut, Mahfud MD mengatakan tidak ada pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) selama pemerintahan Jokowi.

Namun, menurut Mahfud MD, pelanggaran HAM yang dimaksud bukan pelanggaran HAM berat dalam arti pelanggaran HAM seperti dimaksud Komnas HAM.

Pelanggaran HAM yang terjadi pun bukan seperti pelanggaran HAM seperti pada jaman Orde Baru.

LIVE ILC tvOne Selasa (17/12) Benarkah Tidak Ada Pelanggaran HAM Era Jokowi? Mahfud MD Bela Jokowi

"Setelah saya mendengar prolog Bang Karnii, maka sebenarnya komentar-komentar pegiat HAM keliru. Itu hanya judul berita yang menyatakan di era pemerintahan Jokowi tidak ada pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM itu ada, tapi bukan dari pemerinta atau aparat ke masyarakat. Yang terjadi pelanggaran HAM horizontal," kata Mahfud MD.

Menurutnya, pelanggaran HAM terencana, terstruktur dari pemerintah atau aparat ke masyarakat jauh menurun dan tidak pernah terjadi selama pemerintahan Jokowi dari 2014 hingga 2019.

"Itu tidak pernah terjadi selama pemerintahan Jokowi. Yang ada adalah dari rakyat terhadap aparat. Kalau dulu dari aparat ke rakyat. Dari data yang saya peroleh, pelanggaran HAM masa lau seperti terjadi di Orde Baru tidak pernah ada di era Presiden Jokowi," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan telah menerima 12 kasus pelanggaran HAM berat masa lalu yang harus diselesaikan pada masa pemeritahan Jokowi.

"Hanya ada banayk kesulitan dalam prosesnya. Pelaku dan korbannya tidak ada. Ada yang bisa diadili dan dalam proses, dan ada yang tidak bisa. Ini harus segera diselesaikan, jangan dijadikan debat kusir," kata Mahfud.

Halaman
123
Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved