Istana Kusuma Negara Sekadau Menggelar Adat Batas Negeri

Zakaria mengatakan, Adat Batas Negeri Kusuma Negara itu baru pertama kali dilaksanakan.

Istana Kusuma Negara Sekadau Menggelar Adat Batas Negeri
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Humas Pemda Sekadau
Serangkaian kegiatan Adat Batas Negeri di Istana Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat, Sabtu (14/12/2019). 

SEKADAU - Istana Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat, menggelar Adat Batas Negeri, Sabtu (14/12/2019).

Raja Kusuma Negara Sekadau, Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II mengatakan, Adat Batas Negeri berarti membuang seluruh penyakit dan hal-hal yang mengganggu lainnya.

"Asal muasalnya dulu itu Adat Batas Kampung. Sehingga, Adat Batas Negeri ini menjadi implementasi pelestarian adat budaya yang ada di tanah Kusuma Negara Sekadau,” ujarnya.

Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II berharap, agar budaya tersebut dapat terus berlangsung, demi terciptanya identitas diri sebagai bangsa yang besar dan berbudaya.

Keraton Ismahayana Landak Gelar Tumpang Negeri Ke 19

Ia pun mengharapkan dukungan Pemkab Sekadau.

Dan yakin bahwa Pemkab Sekadau akan mendukung segala upaya untuk melestarikan adat istiadat dan budaya, terutama Adat Batas Negeri Kusuma Negara.

Ia pun berharap Adat Batas Negeri Kusuma Negara dan disinergikan dengan perayaan HUT Kabupaten Sekadau yang jatuh pada 18 Desember, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap pariwisata di Sekadau.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria mengatakan, Adat Batas Negeri Kusuma Negara itu baru pertama kali dilaksanakan.

Zakaria pun menyampaikan dukungannya jika Adat Batas Negeri Kusuma Negara dapat dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Sekadau.

"Alangkah baiknya formalnya di Kantor Bupati yang informalnya untuk memeriahkan di masyarakat ya dilaksanakan oleh kerjasama dengan Istana Kusuma Negara ini," ungkapnya

Halaman
12
Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved