Antisipasi Pontianak Tergenang, BPBD Fokus Pada Pembersihan Parit dan Drainase

Ia berpesan kepada masyarakat, bahwa harap masyarakat dapat selalu membersihkan selokan maupun parit yang ada di sekitar rumahnya.

Antisipasi Pontianak Tergenang, BPBD Fokus Pada Pembersihan Parit dan Drainase
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Hujan deras semenjak siang membuat banjir menggenangi sebagian kawasan Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (4/12/2018) sore. Buruknya drainase dan sebagian jalan yang lebih rendah membuat daerah tersebut dengan cepat tergenang air setelah diguyur hujan. 

PONTIANAK - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Saptiko menuturkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, berkaitan saat ini telah memasuki musim penghujan.

"Kita sudah melakukan beberapa kali pertemuan rapat dengan instansi terkait seperti PU, kelurahan dan kecamatan," ungkapnya saat dihubungi Tribun, pada Sabtu (14/12/2019).

Lanjutnya pun, ia menyampaikan bahwa guna mengantisipasi adanya banjir ataupun genangan, pihaknya saat ini akan konsentrasi pada pembersihan parit dan drainase.

Kemudian Saptiko mengatakan bahwa, ada beberapa titik wilayah yang rawan akan tergenang banjir seperti di wilayah kelurahan parit Tokaya, lalu kelurahan Sungai Bangkong.

Ketinggian Air Hingga 1.5 Meter, 116 Warga Korban Banjir Singkawang Terpaksa Mengungsi

Maka dari itu ia berpesan kepada masyarakat, bahwa harap masyarakat dapat selalu membersihkan selokan maupun parit yang ada di sekitar rumahnya.

"Jangan buang sampah diselokan atau parit juga, karena itu bisa menyumbat saluran parit sehingga bisa meluap dan menyumbat saluran air saat datangnya hujan. Sehingga dapat menyebabkan banjir," katanya.

Dan ia juga menegaskan, jangan menyimpan stop kontak dibawah atau dilantai, karena ditakutnya ketika air meluap hingga memasuki lantai rumah, itu akan bisa menyebabkan korsleting listrik.

Sehingga membahayakan bagi masyarakat.

116 Warga Korban Banjir Singkawang

Sedikitnya 116 jiwa dari 39 Kepala Keluarga (KK) mengungsi ke Aula Kelurahan Condong, Gang RDKS 1, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Singkawang Tengah, Sabtu (14/12/2019).

Halaman
123
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved