Breaking News:

Erwin: Pembanggunan Pasar Harus Jadi Program Tetap Pemerintah

Pasar Galing nantinya harus bisa menjadi icon atau daya daya tarik tersendiri bagi masyarakat, agar ramai-ramai ke pasar tersebut.

TRIBUNPONTIANAK/ JULIADI
Pasar Tradisional Kecamatan Galing, tampak dari pinggiran sungai 

SAMBAS - Anggota DPRD Kabupaten Sambas, yang juga Sekretaris Komisi 2, Erwin Johana mengatakan, pembangunan terhadap pasar-pasar tradisional harus menjadi program tetap Pemerintah Daerah.

Menurutnya, itu perlu karena pembangunan pasar akan bersentuhan langsung dengan ekonomi masyarakat.

"Hal ini menjadi keharusan, penataan kembali atau revitalisasi pasar harus menjadi program pemerintah, karena ia sinergis dengan upaya pembangunan ekonomi, yang selama ini menjadi tujuan utama kita bersama," ujarnya, Jum'at (13/12/2019).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sambas itu menuturkan, jika Pasar Galing adalah pusat perdagangan yang paling dekat dengan daerah perbatasan RI-Malaysia.

Pemkab Sambas Rencanakan Bangun Pasar Galing

Dengan demikian, pembangunan pasar itu harus sinergis dan memperhatikan banyak aspek.

"Pasar Galing merupakan pusat transaksi jual beli milik Kabupaten Sambas yang paling dekat dengan Perbatasan Malaysia, ini mesti mempertimbangkan banyak aspek terutama perwajahan Kabupaten ini kepada dunia luar bahkan Internasional," jelasnya.

Karenanya, ia katakan aspek-aspek yang harus ada di Pasar Galing nantinya harus bisa menjadi icon atau daya daya tarik tersendiri bagi masyarakat, agar ramai-ramai ke pasar tersebut.

Dengan demikian, harapannya fungsi pasar Galing tak hanya sebagai daerah perdagangan, tapi juga bisa di fungsikan sebagai kawasan lainnya. Seperti, menjadi kawasan wisata.

"Pasar Galing mesti tertata dengan memperhatikan aspek kenyamanan berdagang, kebersihan serta mendukung pariwisata, karena para pengunjung dari luar negeri (Malaysia-Red) yang melintas dari PLBN Aruk, bisa singgah dan melakukan transaksi ekonomi serta berwisata di pasar ini," tutupnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved