VIDEO: Pelatihan Kewirausahaan UMKM yang Digelar Indomaret dan Pemkot Pontianak

Ia mengatakan salah satu bentuk pembinaan terhadap UMKM, pihaknya telah menyiapkan space terhadap hasil produksi para pelaku UMKM.

PONTIANAK - Sebanyak 160 para pelaku UMKM di Kota Pontianak mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Indomaret bersama dengan Pemerintah Kota Pontianak.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (11/12/2019)

Branch Manager Indomaret Pontianak Suyadi mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan tersebut sebagai bentuk komitmen dari Indomaret untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Kota Pontianak.

"Sudah menjadi komitmen kita bersama dengan pemerintah baik di level di pemerintah pusat maupun di daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor UMKM," ujarnya.

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan

160 Pelaku UMKM Ikut Program Pelatihan Kewirausahaan Indomaret dan Pemkot Pontianak

Ia mengatakan salah satu bentuk pembinaan terhadap UMKM, pihaknya telah menyiapkan space terhadap hasil produksi para pelaku UMKM di Kota Pontianak untuk di display di etalase toko-toko Indomaret.

"Harapanya semakin banyak prodak UMKM yang dipasarkan. Dengan catatan produk yang dijual dapat memenuhi syarat-syarat kemasan dan memenuhi standar kesehatan yang ada," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Micro dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Pontianak Haryadi T Wibowo memberikan apresiasi terhadap Indomaret yang juga ikut berperan memberikan peningkatan kompetensi terhadap para pelaku UMKM di Kota Pontianak.

"Ini hasil dari kerjasama antara Pemkot Pontianak dengan pihak Indomaret untuk memberikan pembinaan terhadap pelaku UMKM baik dari segi peningkatan kualitas produk UMKM hingga pemasaran," ujarnya.

Bahkan Kata Haryadi, Indomaret juga memberikan bantuan berupa gerobak kepada para pelaku UMKM sebagai modal untuk para pelaku UMKM di Kota Pontianak.

"Pada pelatihan ini juga diberikan materi soal peningkatan produksi dan teknik pemasaran."

"Mereka harus dibekali dengan kemampuan untuk memperbaiki kemas, dan kualitas produk, salah satunya dapat memenuhi standar PIRT," ujarnya.

"Itu Standar wajib yang harus dipenuhi," imbuhnya.

Ia menilai bahwa jika semua produk UMKM telah mencapai standar, sudah tentu dengan pemasaran yang dimiliki oleh Indomaret dapat semakin memperluas pangsa pasar dari Produk UMKM di Kota Pontianak.

"Jika produk UMKM kita dibranding oleh Indomaret tentunya produk UMKM kita bisa dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved