SAR Ketapang Selamatkan Nelayan yang Sakit di Perairan Pesaguan

Ia menambahkan, diperkirakan tim tiba dilokasi kejadian sekitar pukul 20.40 Wib melalui jalur laut dengan asumsi kecepatan alut laut 15 – 20 NM.

SAR Ketapang Selamatkan Nelayan yang Sakit di Perairan Pesaguan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Tim SAR Ketapang saat melaksanakan penyelamatan terhadap satu diantara tujuh ABK KM Hasil Utama yang sakit di perairan Pesaguan, Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. 

KETAPANG - Tim Pos SAR Ketapang berhasil mengevakuasi satu orang Nelayan dari Tujuh Anak Buah Kapal (ABK) dari kapal nelayan KM Hasil Utama dikarenakan sakit.

Nelayan tersebut yakni Wakdan (50) yang tinggal di Jalan Gajah Mada Gang Tomat Desa Sampit Kecamatan Delta Pawan Ketapang.

Koordinator Pos SAR Ketapang, Suaka Sardo Tarihoran ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa informasi ini didapat dari kepala dusun Sukabangun Dalam, Pak Mul.

Dari info yang didapat mengatalan bahwa adanya satu orang ABK kapal KM Hasil Utama mengalami sakit di perairan Sungai Kinjil Kecamatan Benua Kayong dengan jarak 11 NM Radial 195° dari Pos SAR Ketapang, Selasa (10/12/19) sekitar pukul 20.00 Wib.

SAR Pontianak Terjunkan Tim Rescue Sintang

“Berdasarkan informasi tersebut, sekitar pukul 20.10 Wib, Kantor SAR Pontianak memberangkatkan Satu Tim Rescue Pos SAR Ketapang dengan menggunakan Satu unit RIB 003 Ketapang yang dilengkapi dengan peralatan medis, peralatan evakuasi, navigasi dan komunikasi,” jelasnya, Rabu (11/12).

Ia menambahkan, diperkirakan tim tiba dilokasi kejadian sekitar pukul 20.40 Wib melalui jalur laut dengan asumsi kecepatan alut laut 15 – 20 NM.

“Saat tiba dilokasi Tim melakukan koordinasi dengan Polair Ketapang, Polsek, Koramil, Perangkat Desa, Puskesmas Benua kayong, nelayan dan pihak keluarga. Kemudian membentuk posko dan membuat Renops,” tambahnya.

Ia melanjutkan, korban mengalami Painful atau merasakan nyeri sekitar pukul 16.00 Wib yang selanjutnya dibawa menuju ke Shelter Pos SAR di Sukabangun untuk dievakuasi kerumah sakit.

“Pihak yang terlibat dalam evakuasi adalah Polair Res Ketapang, Polsek Benua Kayong, Koramil Benua Kayong, Perangkat Desa, Puskesmas Benua Kayong, Nelayan dan pihak keluarga korban,” pungkasnya.

Kalbar Baru Punya 150 Anggota SAR

Halaman
12
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved