KPU Singkawang Gelar Bimtek PAW Anggota DPRD

PAW dilakukan karena anggota DPRD terpilih sudah tidak memenuhi syarat, meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan.

TRIBUNPONTIANAK/Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) mekanisme penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD di Kampung Batu Villa and Resto, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (10/12/2019). 

SINGKAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) mekanisme penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD di Kampung Batu Villa and Resto, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan partai politik (parpol), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Singkawang.

Output kegiatan dilakukan sebagai pengetahuan partai politik tentang PAW dan hal-hal yang berkenaan dengan mekanisme penggantian anggota DPRD itu sendiri.

"Kegiatan ini dilaksanakan, mengingat pentingnya proses PAW, mekanismenya seperti apa," kata Ketua KPU Kota Singkawang, Riko.

KPU Singkawang Evaluasi Pencalonan Pemilu 2019

Riko mengatakan, undang-undang mengamanatkan mekanisme PAW ada di sekretariat dewan (Sekwan) dan KPU.

Secara umum, PAW dilakukan karena anggota DPRD terpilih sudah tidak memenuhi syarat, meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan.

Alurnya, dari parpol ke Sekwan dan KPU. KPU sebagai lembaga yang memverifikasi.

KPU juga diamanahkan untuk menjaga hak caleg peserta Pemilu. KPU menjaga hak sebagaimana perolehan suara yang mereka (caleg) dapatkan.

"KPU tidak bisa menukar angka yang sudah ada. Kalau dilakukan, toh ada dokumen perolehan suara."

"Jadi jangan khawatir, mekanisme dilakukan secara transparan sesuai aturan dan publik bisa mengawal ini," tuturnya.

Rumuskan Sosialisasi Pendekatan Budaya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar evaluasi strategi sosialisasi bersama relawan demokrasi di Swiss Belinn Hotel, Komplek Singkawang Grand Mal, Jalan Alianyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (3/12/2019).

"Sosialisasi adalah bagian dari proses belajar tentang kebudayaan dalam hubungannya tentang sistem sosial," kata Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror.

Pada Pemilu 2019, metode ceramah dan dialog kerap diterapkan oleh Relasi dalam melakukan tugasnya yakni sosialisasi kepada pemilih.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved