Terkait Politik Uang Jelang Pelantikan 60 Kades se-Kubu Raya, Muda Sarankan Buktikan di Jalur PTUN

tiga Cakades Rasau Jaya Umum, Rasau Jaya juga melaporkan dugaan politik uang yang terjadi pada proses Pilkades.

Terkait Politik Uang Jelang Pelantikan 60 Kades se-Kubu Raya, Muda Sarankan Buktikan di Jalur PTUN
TRIBUNPONTIANAK/ SEPTI DWISABRINA
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menghadiri rapat evaluasi membahas persolan jelang pelantikan 60 kades se-Kabupaten Kubu Raya di Ruang Rapat Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (9/12/2019). 

KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menanggapi hasil rapat evaluasi yang digelar Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kubu Raya menjelang pelantikan 60 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Kubu Raya.

Muda menyinggung terkait laporan yang mengindikasi adanya politik uang saat pemilihan kepala desa. Muda Mahendrawan menyarankan agar yang bersangkutan membuktikan kebenaran di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), jika bersifat pidana melalui aparat penegak hukum.

"Pemerintah Kabupaten memberikan ruang untuk menyampaikan persoalan tersebut. Karena, setiap warga negara punya hak untuk memperjuangkan haknya melalui jalur yang sudah ada. Namun harus dibuktikan secara valid," tegas Muda Mahendrawan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini memiliki fungsi, yakni menjalankan proses prosedur formal dalam menghasilkan kesepakatan atau pleno yang sudah ditandatangani oleh semua pihak.

50 Desa dari 8 Kecamatan di Landak Pilkades Serentak, Ini Nama-nama Cakades Pemenang

"Ini menjadi faktor dan pondasi utama. Sebab yang namanya kesepakatan atau hasil yang sudah ada berita acaranya kemudian ditandatangani serta diakui secara formal, pasti mengikuti apa yang sudah dijalankan," tambah Muda Mahendrawan, Senin (9/12/2019).

Selain itu, orang nomor satu di Kubu Raya itu berharap berbagai hal yang terjadi selama perhelatan Pilkades dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran demokrasi.

"Harusnya kita pahami bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak melihatnya secara subjektif melainkan objektif. Karena kalau kita melihat subjektif tentu juga akan melabarak tananan-tananan formal yang ada," imbau Muda Mahendrawan.

Laporkan Dugaan Politik Uang

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) telah selesai. 60 desa pun telah memiliki kades terpilih dengan raihan suara terbanyak. Namun, dua desa di Kubu Raya, yakni Padang Tikar Satu dan Rasau Jaya Umum melaporkan adanya dugaan praktik politik uang yang terjadi di desa beberapa waktu lalu.

Satu di antara Calon Kepala Desa (Cakades) di Padang Tikar Satu, Batu Ampar, Kubu Raya Mu'ammar mengungkapkan rasa kecewanya. Menurutnya, calon nomor 02, Mujahidin terindikasi melakukan praktik politik uang.

Calon Kepala Desa (Cakades) di Padang Tikar Satu, Batu Ampar, Kubu Raya Mu'ammar melaporkan dugaan politik uang
Calon Kepala Desa (Cakades) di Padang Tikar Satu, Batu Ampar, Kubu Raya Mu'ammar melaporkan dugaan politik uang 
Halaman
123
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved