Jelang Pelantikan 60 Kades se Kubu Raya, Nursyam: 100 Persen Desa Sudah Lengkapi Data

Tinggal kita membuat administrasi, nanti dengan surat keputusan Bupati penetapan tanggal 17 sebagai hari pelantikan.

Jelang Pelantikan 60 Kades se Kubu Raya, Nursyam: 100 Persen Desa Sudah Lengkapi Data
TRIBUNPONTIANAK/ SEPTI DWISABRINA
Suasana Rapat Evaluasi membahas penentuan pelantikan 60 Desa Kabupaten Kubu Raya di Ruang Rapat Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (9/12/2019). 

KUBU RAYA - Kepala Dinsos PMD Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengungkapkan berdasarkan hasil rapat evaluasi, Senin (9/12/2019) Bupati Kubu Raya sudah menetapkan bahwa 60 desa akan  akan melakukan pelantikan pada tanggal 17 Desember 2019.

"Itu tentu sudah pasti dan  ditetapkan. Tinggal kita membuat administrasi, nanti dengan surat keputusan Bupati penetapan tanggal 17 sebagai hari pelantikan. Pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) telah kita sampaikan," jelasnya, Senin (9/12/2019).

Lebih lanjutnya, Nursyam menuturkan persiapan untuk proses pelantikan 60 desa telah murni seluruhnya menjadi tugas pokok PPKD di desa bersama panitia pengawas.

Terkait Politik Uang Jelang Pelantikan 60 Kades se-Kubu Raya, Muda Sarankan Buktikan di Jalur PTUN

Kemudian setelah itu dilanjutkan pleno yang disampaikan melalui camat dan diteruskan kepada Bupati Kubu Raya melelui Dinsos PMD.

"Seratus persen desa sudah melengkapi semua syarat-syarat untuk pemenuhan administrasi pelantikan lengkap dengan berita acara semuanya sudah kita dapatkan dari 60 PPKD," ujarnya.

Menurutnya, melalui dasar itulah mengapa proses pelantikan 60 desa ini dilakukan. Karena ada PPKD dan telah ditandatangani semua calon kepala desa.

Bupati Minta Kades di Kapuas Hulu Dukung Program Isbat Nikah

Selain itu, Nursyam juga menyinggung terkait masa transisi dalam pemerintahan desa. Secara tegas ia menyatakan setiap pemilihan apapun, namanya pejabat pemerintahan desa termasuk kepala desa di masa transisi itu tidak mengenal desa lama maupun baru.

"Contohnya, dalam laporan pertanggungjawaban kan itu namanya laporan pertanggungjawaban keuangan yang harus tanda tangan pejabat baru tentu selalu setelah melakukan pemeriksaan bersama. Tentunya harus ada sinergitas antara kades lama dan yang baru," tutupnya.

Tak Ditemukan Indikasi Politik Uang

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kubu Raya selenggarakan rapat evaluasi pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak beberapa waktu lalu. Rapat evaluasi berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (9/12/2019).

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved