Revitalisasi Organisasi Kepemudaan dalam Mewujudkan SDM Unggul

Pemuda yang terhimpun di dalamnya menjalani proses kaderisasi, interaksi dan uji kemampuan memimpin.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mantan ketua umum HMI Komisariat Fisip Untan, Abdul Muiz. 

Citizen Reporter
Riska Nanda
Mahasiswi Fisip Untan

PONTIANAK - Organisasi kemasyarakatan kepemudaan (OKP) merupakan lembaga yang menghimpun segenap potensi anak muda baik mahasiswa maupun anak sekolah yang masuk kategori pemuda bahkan mereka yang tidak menjadi anak terdidik.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura Abdul Muiz menuturkan OKP harus berdiri bersama dengan visi dan struktur kepemimpinan, budaya dan model aktualisasi ide dan gagasanya.

Pemuda yang terhimpun di dalamnya menjalani proses kaderisasi, interaksi dan uji kemampuan memimpin.

"Dengan adanya struktur kepemimpinan yang di tata melalui forum-forum resmi didalam organisasi dan pengambilan kebijakan strategis lainnya menjadikan modal dasar dalam pembentukam karakter kepemimpinan dari kaum muda yang menggikuti sebuah proses dan dinamika organisasi," ujar Abdul Muiz, Sabtu (7/12/2019).

ISKA Indonesia Kalimantan Barat Gelar Musyawarah Daerah VII, Restrukturisasi dan Reorganisasi DPD

Sebagai bagian dari pemuda, pria yg kerap disapa Muiz ini menilai revitalisasi atau penguatan kembali peran OKP sangat diperlukan. Bertujuan untuk mengangkat potensi kaum muda dalam berpartisipasi dalam pembangunan di segala bidang, baik di tingkat lokal bahkan nasional.

OKP yang terlahir dari beragam latar belakang dan kemajemukan menjadi aset bangsa, yang apabila terorganisir dengan baik maka akan mendongkrak perkuatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan tidak hanya hadir tatkala ada perhelatan seremonial kepemudaan belaka.

"Hal mendasar yang menjadi jantung didalam sebuah organisasi itu perkaderan. Karena kalau perkaderan mandek atau mengalami stagnasi maka organisasi tidak kan survive," tutur mahasiswa semester akhir ini.

Oleh sebab itu, pentingnya kaderisasi ditubuh organisasi menjadikan OKP akan tetap survive sebagai wadah perjuangan gerakan kepemudaan.

Ia pun mengatakan sudah menjadi tradisi bagi OKP untuk melakukan kaderisasi dan pengembangan organisasi baik dalam skala kuantitas maupun kualitas.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved