Bahas RDTR Industri Sungai Ringin, Askiman: Perlu Tata Ruang Berkualitas

Sebab ruang jumlahnya relative tetap, sementara jumlah manusia bertambah dan aktivitasnya terus berkembang secara pesat.

Bahas RDTR Industri Sungai Ringin, Askiman: Perlu Tata Ruang Berkualitas
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Reny
Buka Rapat: Wakil Bupati Sintang, Askiman saat membuka rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) BWP Industri Sungai Ringin, Kamis (5/11). 

SINTANG - Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan tata ruang menjadi sebuah komoditas yang mahal dan eksklusif.

Sebab ruang jumlahnya relative tetap, sementara jumlah manusia bertambah dan aktivitasnya terus berkembang secara pesat.

“Masalah tersebut menimbulkan persoalan yang dihadapi dalam penataan ruang pada suatu wilayah atau kawasan, di antaranya adalah konflik berdimensi ruang."

Hal ini disampaikan saat membuka rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) BWP Industri Sungai Ringin, Kamis (5/11/2019).

Pemkab Targetkan Raperda RDTR Perkotaan Sanggau Selesai Tahun 2020

 "Maka untuk itu diperlukan rencana penataan ruang berkualitas, berkelanjutan dan inklusif,” kata Askiman.

Pemerintah Kabupaten Sintang sudah mempunyai Perda nomor 20 tahun 2015 tentang RTRW Kabupaten Sintang 2016 sampai dengan 2036. 

Untuk menyelaraskan dengan RTRW Kabupaten tersebut diperlukan suatu rencana rinci yang merupakan penjabaran dari RTRW dan berfungsi mengatur dan menata kegiatan fungsional.

Berupa RDTR untuk pusat-pusat kegiatan dan RTR KSK untuk ruang spesifik yang di prioritaskan.

Bagi pemerintah Kabupaten Sintang kata Askiman, dengan terwujudnya penyusunannya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Industri Sungai Ringin memiliki arti penting.  

Pertama, penyusunannya disesuaikan dengan standar Online Single Submission (OSS) yang mengacu peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved