Rumah Walet Roboh

Rumah Walet Roboh Telan Korban Jiwa, DPRD Sambas Dorong Lakukan Penertiban IMB

Ia mengungkapkan, dari kejadian itu bisa diambil pembelajaran bahwa ke depan pembangunan rumah walet harus diatur sebaik mungkin.

Rumah Walet Roboh Telan Korban Jiwa, DPRD Sambas Dorong Lakukan Penertiban IMB
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Polsek Pemangkat
Proses Evakuasi korban robohnya Rumah Sarang Walet di Jl Sejahtera, Pemangkat. 

SAMBAS - Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sambas, Ahmad Hapsak Setiawan, meminta agar Pembangunan rumah walet bisa memperhatikan banyak aspek.

Hal itu ia sampaikan, setelah kejadian robohnya rumah walet di Jl Sejahtera, Kecamatan Pemangkat dan memakan korban jiwa.

"Kita turut bersimpati terhadap korban robohnya bangunan rumah walet di Pemangkat kemarin. Untuk itu, ada hal yang mesti diperhatikan melalui kejadian ini," ujarnya, Rabu (4/12/2019).

Ia mengungkapkan, dari kejadian itu bisa diambil pembelajaran bahwa ke depan pembangunan rumah walet harus diatur sebaik mungkin.

Rumah Walet di Pemangkat Roboh, Sebelum Kejadian Sempat Terdengar Suara Reruntuhan

Sehingga, bisa memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan di lingkungan setempat.

"Kita harus menertibkan IMB bangunan rumah walet, karena hal tersebut erat kaitannya dengan lokasi bangunan yang semestinya tidak berada di pemukiman warga," ungkapnya.

Politikus Partai Persatuan Pembanggunan (PPP) itu menambahkan, saat ini Kabupaten Sambas sebenarnya sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) terkait pungutan pajak bangunan rumah walet.

Hanya saja kata Hapsak, Perda tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Selain persoalan IMB dan aspek keselamatan, pemasukan bagi daerah dari usaha rumah walet ini juga masih sangat minim," kata ketua komisi 2, yang membidangi masalah ekonomi ini.

"Sepengetahuan saya Pemda Sambas telah memiliki perdanya, akan tetapi pemasukan dari sektor pajak yang disumbang oleh usaha rumah walet tidak ada," sambungnya.

Halaman
1234
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved