Rumah Walet Roboh

Polisi Ungkap Penyebab Robohnya Rumah Walet di Pemangkat Kalbar

Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra, melalui Kapolsek Pemangkat Kompol Bagio mengungkapkan sebab robohnya rumah walet.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Polsek Pemangkat
Proses Evakuasi korban robohnya Rumah Sarang Walet di Jl Sejahtera, Pemangkat. 

SAMBAS - Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra, melalui Kapolsek Pemangkat Kompol Bagio mengungkapkan sebab robohnya rumah walet di Jalan Sejahtera, Kota Pemangkat Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (3/12/2019) sektiar sore.

Kepada Tribun, ia mengungkapkan kejadian itu terjadi sekitar pukul 16.15 sore hari.

"Peristiwa robohnya satu bangunan walet yang sekaligus menimpa sebuah bangunan rumah tinggal pada hari Selasa kemarin, terjadi sekira pukul 16.15 WIB, di jalan Sejahtera Gang Kuuyak, RT 01/RW 01 Desa Gugah Sejahtera," ujarnya, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan, dari hasil olah TKP di lapangan.

Foto rumah walet di Jl Sejahtera, Kota Pemangkat.
Foto rumah walet di Jl Sejahtera, Kota Pemangkat. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Sambas Informasi)

Pihaknya mengidentifikasi bahwa rumah walet milik Sutjipto alias Ajin itu, bangunannya diperkirakan sudah berumur 10 tahun.

"Bangunan walet yang roboh adalah milik saudara Sutjipto, alias Ajin yang juga seorang pengusaha ikan. Yang menurut pengakuan pemilik bangunan. Rumah walet tersebut dibangunan kurang lebih sepuluh tahun yang lalu," ungkapnya.

"Dugaannya sementara karena sudah lapuk di makan rayap. Dan bangunan itu semi permanen, yang sudah berumur 10 tahun berdirinya," tutupnya. 

Tarik Pajak Walet

Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kayong Utara, Yusrin menegaskan akan lebih intensif menarik pajak sarang burung walet.

Pemungutan pajak walet, kata Yusrin, telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tahun 2011.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved