Bea Cukai Kalbagbar Berikan Fasilitas PLB Bahan Pokok Pertama di Indonesia

PLB Bahan Pokok merupakan fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada masyarakat perbatasan untuk mendapatkan bahan pokok lebih mudah, murah dan legal.

Bea Cukai Kalbagbar Berikan Fasilitas PLB Bahan Pokok Pertama di Indonesia
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Humas Kanwil DJBC Kalbagbar
Penyerahan Dokumen Fasilitas PLB dari kanwil DjBC Kalbagbar ke PT Tribuana Tunggal Sakti pada Selasa (3/12/2019) siang 

PONTIANAK - Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Barat memberikan Pusat Logistik Berikat (PLB) Bahan Pokok pertama di Indonesia kepada PT Tribuana Tunggal Sakti pada Selasa (3/12/2019).

PLB Bahan Pokok merupakan fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada masyarakat perbatasan untuk mendapatkan bahan pokok lebih mudah, murah dan legal.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Kanwil Ditjen Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat, Johansyah mengungkapakan bahwa saat ini Bea Cukai tidak hanya fokus mengumpulkan penerimaan negara,

“Saat ini bea cukai lebih mengoptimalkan fungsi utuk memfasilitasi perdagangan dan industri serta membantu masyarakat perbatasan mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari secara mudah, murah dan legal” ungkap Johansyah.

Bea Cukai dan Pamtas Yonif 643/WNS Patroli Bersama Cegah Penyelundup Barang Ilegal

Lanjutnya Pemberian izin PLB Bahan Pokok tersebut bertujuan untuk menyimpan Barang-barang pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan.

“Selain kebutuhan pokok seperti sembako, PLB Bahan Pokok ini juga dapat menimbun barang sesuai yang telah disepakati dalam Border Trade Agreement Between Indonesia and Malaysia (BTA) 1970.” ujar I Putu Alit Ari Sudarsono, Kepala KPPBC Nanga Badau menambahkan

Kepala Kantor KPPBC TMP C Nanga Badau menuturkan bahwa langkah tersebut mengurangi penyelundupan dan penyalahgunaan penggunaan Kartu Identitas Lintas Batas (KILB) di perbatasan.

Lebih lanjut, I Putu Alit menjelaskan yang perlu diketahui bahwa saat ini Bea Cukai juga kian mempercepat waktu dalam penerbitan fasilitas.

"Dalam kurun waktu kurang dari 1 jam, Pejabat Bea Cukai sudah bisa memutuskan bahwa izin fasilitas Pusat Logistik Berikat yang diajukan oleh PT Tribuana Tunggal Sakti dinyatakan diterima. "Katanya.

‎Sementara Dayat Direktur Utama PT Tribuana Tunggal Sakti mengatakan dirinya mengapresiasi pelayanan yang di dapat oleh perusahaannya sangat membantu,bahwa Percepatan perizinan ini sangat mendukung pekerjaan.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved