Tanggapan Ali Nasrun Terkait APBD Terlambat Hingga Dampak Pada Aktivitas Ekonomi

Akibatnya yang seharusnya pertumbuhan ekonomi bisa di genjot sesuai dengan setiap bulan atau setiap tahun akhirnya tertunda- tunda.

Tanggapan Ali Nasrun Terkait APBD Terlambat Hingga Dampak Pada Aktivitas Ekonomi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Claudia Liberani
Pengamat Ekonomi Untan, M Ali Nasrun 

PONTIANAK - Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura, Ali Nasrun menanggapi terkait pernyataan Gubernur Kalbar , H Sutarmidji yang akan berikan sanksi tegas kepada Melawi Dan Mempawah karena terlambat dalam penyusunan APBD.

"Saya kira suatu hal yang penting untuk tertib adminstratif , tertib program karena keterlambatan itu akan berpengaruh baik pada aspek ekonomi dan non ekonomi ," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin (2/12/2019).

Diketahui bahwa salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi dari anggaran pemerintah. Artinya kalau itu terlambat dalam administrasi akibatnya dalam pelaksanaan akan terlambat juga.

Akibatnya yang seharusnya pertumbuhan ekonomi bisa di genjot sesuai dengan setiap bulan atau setiap tahun akhirnya tertunda- tunda.

Lalu akibatnya numpuk diakhir tahun dan itu sesuatu yang harus diperhatikan. Hal itu biasa dikarenakan persiapan dan kedispilnan dalam menyusun membuat anggaran.

Terkait Gas 3 Kg Langka, Ini Tanggapan Pengamat Ekonomi Ali Nasrun

"Bukan hal yang terlalu rumit sebenarnya kalau melihat dari agenda yang dibuat oleh pemerintah pusat dalam anggaran sudah jelas ada bulan apa melakukan apa tinggal disiplin pada agenda tersebut " ujarnya.

Kedua terkait persiapan untuk menuju pembahasan yang mungkin belum baik .Apakah persiapan dalam data dan admistrasi sehingga pembahasan itu menjadi tertunda.

"Dari gubernur memang perlu memberi sanksi karena tidak seharusnya ini terjadi. Tidak ada hal luar biasa yang menyebabkan hal ini tertunda ," ujarnya.

Selain itu dampak pada Program perekonomi sampai aktivitas ekonomi salah satu pendukung pertumbuhn ekonomi adalah anggaran pemerintah disamping belaja masyarakat.

"Pada saat belanja tetunda berarti aktivitas ekonomi juga terganggu dan itu bisa merembet kepada hambatan ekonomi di Kalbar secara keseluruhan ," pungkasnya.

Halaman
1234
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved