Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam IAIN Pontianak Lakukan Study Tour Ke Dompet Umat

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa semester tiga yang mengambil mata kuliah Fiqih Zakat dan Hukum Zakat di Indonesia.

Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam IAIN Pontianak Lakukan Study Tour Ke Dompet Umat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/IAIN Pontianak
Foto bersama saat Study Tour Ke Dompet Umat bertempat di kantor Dompet Umat Jalan Karimata, Pontianak, Jumat (29/11/2019). 

Citizen Reporter
Muhammad Adib Alfarisi

PONTIANAK - Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam IAIN Pontianak Lakukan Study Tour Ke Dompet Umat yang bertajuk "Kuliah Umum tentang lembaga Amil Zakat yang ada pada Dompet Umat" bertempat di kantor Dompet Umat Jalan Karimata, Pontianak, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa semester tiga yang mengambil mata kuliah Fiqih Zakat dan Hukum Zakat di Indonesia.

Ketua kelompok kegiatan, Muhammad Yusuf mengatakan adapun tujuan kegiatan tersebut bagaimana seorang mahasiswa bukan hanya teori mendengar, melihat dan menulis apa yang diajarkan oleh dosen dikampus, akan tetapi bagaimana mereka melihat situasi dan realita di lapangan secara langsung melihat keadaan sistem pengelolaan zakat kali ini di dompet umat tersebut.

Beberapa hal yang di sampaikan oleh Direktur Dompet umat berkenan tentang lembaga Zakat yang di kelola baik itu seputar zakat fitrah, mal, dan juga pengelolaan yang di lakukan oleh Dompet Umat.

Rektor IAIN Pontianak Launching Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Tetapi poin terpenting adalah mengenai layanan Umat yakni tanggap darurat ummat, pendidikan, dan kesehatan yang di salurkan kepada orang-orang yang berhak menerima bantuan.

Namun juga melihat situasi keadaan realita sekarang dengan fikih kontemporer berbagai hal yang ada seperti zakat profesi, zakat biji-bijian, perusahaan, barang temuan, dan lain-lainnya.

Tapi itu juga ranahnya masuk ke zakat mal sebab jika telah mencapai nisab maka wajib untuk mengeluarkan zakat tersebut.

"Dia juga optimistis ekonomi keuangan syariah masih bisa tumbuh di tengah ekonomi yang sedang melambat. Pasalnya, kata dia masih banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah," ujarnya.

Oleh karena itu Lembaga Amil Zakat Dompet Umat dapat mampu berkembang pesat untuk menghimpun dana baik itu penyaluran dan membuat pelatihan-pelatihan bagi orang-orang mampu ataupun masyarakat yang berkeinginan untuk bisa mengembangkan potensinya dengan skill yang ada.

Sehingga dapat tersalurkan seperti membantu orang fakir miskin yang mempunyai jiwa enterpreneur maka adanya UMKM.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved