KPU Singkawang Rumuskan Sosialisasi Pendekatan Budaya Bersama Relawan Demokrasi

Pada Pemilu 2019, metode ceramah dan dialog kerap diterapkan oleh Relasi dalam melakukan tugasnya yakni sosialisasi kepada pemilih.

KPU Singkawang Rumuskan Sosialisasi Pendekatan Budaya Bersama Relawan Demokrasi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/KPU Singkawang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar evaluasi strategi sosialisasi bersama relawan demokrasi di Swiss Belinn Hotel, Komplek Singkawang Grand Mal, Jalan Alianyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (3/12/2019). 

SINGKAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar evaluasi strategi sosialisasi bersama relawan demokrasi di Swiss Belinn Hotel, Komplek Singkawang Grand Mal, Jalan Alianyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Selasa (3/12/2019).

"Sosialisasi adalah bagian dari proses belajar tentang kebudayaan dalam hubungannya tentang sistem sosial," kata Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror.

Pada Pemilu 2019, metode ceramah dan dialog kerap diterapkan oleh Relasi dalam melakukan tugasnya yakni sosialisasi kepada pemilih.

Sosialisasi dengan pendekatan budaya atau dengan memperbanyak penggunaan alat peraga, barangkali akan menjadi sosialisasi yang sangat efektif ke depannya.

Berbeda dengan Pengamat, Mantan Komisioner KPU Nilai Tak Perlu Ada Batasan Periodesasi Dewan

"Nah, ini akan kita rumuskan. Tentu kita berpijak pada identifikasi masalah di lapangan, sehingga strategi sosialisasi yang dirumuskan nantinya benar-benar atas dasar masalah yang terjadi," tuturnya.

Sementara Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Kota Singkawang, Guntur Gunawan, menyampaikan, kegiatan dimaksud untuk mendapatkan masukan dan saran dari para Relawan Demokrasi.

"Para Relawan Demokrasi inilah yang menjadi pelaku di lapangan," tuturnya.

Kegiatan evaluasi strategi sosialisasi dihadiri relawan dari 10 basis. Masing-masing basis, terdiri dari lima orang relawan.

Pada Pemilu serentak 2019, Relasi bertugas selama tiga bulan untuk membantu KPU dalam sosialisasi tentang kepemiluan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini bisa mendapatkan masukan dan saran dari Relasi terkait strategi sosialisasi pemilih berkelanjutan," harapnya.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved