Kapuas Hulu Banjir

Banjir Putus Jalur Pengkadan - Jongkong, Kapolsek Pengkadan Angkat Bicara

Jaspian menjelaskan, saat ini ada empat desa di Kecamatan Pengkadan terjadi banjir, seperti Desa Riam Panjang

Banjir Putus Jalur Pengkadan - Jongkong, Kapolsek Pengkadan Angkat Bicara
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Kapolsek Pengkadan
Kondisi banjir di Kecamatan Pengkadan, Selasa (3/12/2019). 

KAPUAS HULU - Kapolsek Pengkadan IPDA Jaspian menyatakan, untuk sementara jalur Pengkadan - Jongkong tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, dikarenakan Jembatan Sungai Timpak batas antara Dusun Semelangit Desa Sirajaya dengan Desa Mawan Kecamatan Pengkadan terendam air.

"Namun banjir tersebut tidak akan lama, paling sekitar 3 sampai 4 jam. Sekarang sudah mulai surut, dan sebentar lagi jalan sudah bisa dilewati kembali normal," ujarnya kepada Tribun, Selasa (3/12/2019).

Jaspian menjelaskan, saat ini ada empat desa di Kecamatan Pengkadan terjadi banjir, seperti Desa Riam Panjang, Dusun Semelangit, Desa Mawan, dan Desa Pengkadan Hilir.

BREAKING NEWS - Dua Kecamatan di Kapuas Hulu Diterjang Banjir, Pemukiman Warga Tergenang

"Kedalaman air di Jalan Lintas Selatan Desa Riam Panjang sekitar 0.5 meter namun sudah surut. Itu semua akibat dari hujan semalaman di hulu sungai Pengkadan," ucapnya.

Kapolsek mengimbau, kepada masyarakat Pengkadan untuk selalu waspada terhadap bahaya bencana, saat musim hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi dapat berpotensi terjadinya bencana banjir, maupun tanah longsor.

"Alhamdulillah, saat ini ruas jalan lintas selatan di Desa Riam Panjang Kecamatan Pengkadan banjir sudah surut dan sudah dapat dilalui kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat dan roda enam," ungkapnya.

Dua Kecamatan

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Kalbar), Rupinus menyatakan sekarang ini sejumlah wilayah di Kecamatan Boyan Tanjung sedang terjadi banjir.

"Ketinggian air banjir di sejumlah daerah Boyan Tanjung sekitar 1 meter. Akibat dari curah hujan tinggi, dan akhirnya air sungai meluap hingga merendam pemukiman warga dan jalan," ujarnya kepada Tribun, Selasa (3/12/2019).

Selain banjir di Kecamatan Boyan Tanjung, jelas Rupinus sejumlah desa di Kecamatan Pengkadan juga sedang mengalami banjir.

"Ketinggian banjir di sana sekitar 1 meter. Ada tiga desa yang alami banjir seperti, Mawan, Pengkadan Hilir, dan Riam Panjang," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved