Terkait Penanggulangan HIV/AIDS, Ini Penjelasan dari VCT Tulipe RSUD M Th Djaman Sanggau 

Jadi kami turun di tempat-tempat yang memang memiliki orang-orang denga Resiko tinggi tertular seperti di tempat prostitusi, cafe.

Terkait Penanggulangan HIV/AIDS, Ini Penjelasan dari VCT Tulipe RSUD M Th Djaman Sanggau 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Penanggung jawab VCT Tulip RSUD M Th Djaman Kabupaten Sanggau, Akhirul Ramadhan. 

SANGGAU - Koordinator Konselor Voluntary Conseling And Testing (VCT) Tulipe RSUD M Th Djaman Kabupaten Sanggau, Akhirul Ramadhan menyampaikan, sebenarnya untuk penanggulangan HIV Aids khusus pada wanita hamil sesuai Permenkes nomor 21 tahun 2013 harus semua wanita hamil pada kehamilan untuk diperiksa HIV Aids nya.

"Pada awal kehamilan untuk tes HIV. Dan khususnya di Kabupaten Sanggau untuk ibu hamil sudah dilakukan ke sreaning pada tingkat Puskesmas," kata Akhirul Ramadhan, Selasa (2/12/2019).

Sebelumnya, lanjutnya, Dulu kami di VCT dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau biasa melakukan VCT Mobile dilakukan pada kelompok resiko tinggi.

Tatap Muka dengan Masyarakat Sekadau Hulu, Kapolres Sekadau Minta Saran dan Masukan

"Jadi kami turun di tempat-tempat yang memang memiliki orang-orang denga Resiko tinggi tertular seperti di tempat prostitusi, cafe. Nah ini yang sekarang karena dari GF ATM tidak memberikan dana untuk Mobile sehingga kita hanya melakukan pemeriksaan pada orang yang dengan sukarela datang ke VCT RS untuk dilakukan tes," ujar Akhirul Ramadhan.

Dan pasien-pasien yang masuk ke RS secara klinis sudah menunjukkan gejala terinfeksi HIV maka kita lakukan konseling dan screaning HIV.

Disinggung terkaait trend kasus beberapa tahun terakhir, ia menjelaskan akan kita cek terlebih dahulu. "Karena tiap daerah bisa saja trend kasusnya tidak sama," pungkas Akhirul Ramadhan.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved