Dinas Koperasi Kubu Raya Resmikan Koperasi Pertanian Maju Bersama Sejahtera Abadi

Gabungan kelompok tani ini dibentuk koperasi sendiri yaitu Koperasi Pertanian Maju Bersama Sejahtera Abadi.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Launching Koperasi Pertanian Maju Bersama Sejahtera Abadi yang langsung di resmikan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu (27/11/2019) pukul 10.00 WIB pagi. 

Citizen Reporter
Mahasiswa Fisip Untan, Aldifri Negarindo

KUBU RAYA - Launching Koperasi Pertanian Maju Bersama Sejahtera Abadi yang langsung di resmikan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu (27/11/2019) pukul 10.00 WIB pagi.

Untuk diketahui, komoditas yang  mempengaruhi inflasi di Indonesia satu diantaranya adalah cabai.

Bank Indonesia (BI) dan Dompet Dhuafa adalah lembaga yang menaungi serta mendampingi para gabungan kelompok tani yang ada desa sungai kakap.

Gabungan kelompok tani ini dibentuk koperasi sendiri yaitu Koperasi Pertanian Maju Bersama Sejahtera Abadi.

Tujuannya yaitu agar petani dapat lebih sejahtera serta menanggulangi harga cabe turun ketika panen raya tiba, karena itu menyebabkan kerugian untuk petani.

Koperasi akan membeli hasil pertanian dengan harga tetap, kemudian hasil panen ini khususnya cabe dijadikan produk turunan yaitu Abon Cabai.

Diskes Kubu Raya Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan, Menuju Generasi Sehat dan Unggul

Banyak lembaga yang mengadiri acara tersebut seperti Bank Indonesia, Bank Kal-Bar, Dompet Dhuafa organisasi Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten Kubu Raya (PRIMARAYA) juga hadir serta petani atau masyarakat sekitar desa Sungai Kakap.

”Untuk menjadi sebuah koperasi yaitu harus memenuhi beberapa syarat terelebih dahulu. Kemudian, apabila sudah memiliki prodak sendiri harus lulus sertifikasi kelayakan, halal serta BPOM agar koperasi ini terus berjalan. Saya berharap koperasi ini kedepannya menjadi koperasi yang mandiri serta menjadi koperasi unggulan” ujar M. Shahid, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Kubu Raya.

Dalam acara peresmian ini diisi juga dengan Pelatihan Pengenalan Skim Pembiayaan Transaksi  Digital yaitu mengenalkan serta memberitahukan kepada masyarakat atau para petani bagaimana cara bertranskasi serta menjadi nasabah yang menggunakan  jasa bank. 

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved