Jelang Kompetisi di Ketapang, Offroader Pontianak Jalani Latihan Bersama

Tampak mobil offroad berbagai komunitas seperti tim Carwash 77, tim Hantu Laut, SKIN, VES, Trooper nusantara, tim Lupus yang mengikuti latihan.

TRIBUNPONTIANAK/Hadi Sudirmansyah
Sekitar 8 unit mobil offroad dari berbagai kategori yang mengikuti latihan bersama yang di laksanakan pada Minggu (1/12/2019) pagi. 

PONTIANAK - Sejumlah offroader kota Pontianak gelar latihan bersama jelang mengikuti kompetisi offroader Hari juang TNI AD ke 74 Tahun 2019 di ketapang

Sekitar 8 unit mobil offroad dari berbagai katagori yang mengikuti latihan bersama yang di laksanakan pada Minggu (1/12/2019) pagi‎.

Tepatnya di lahan kosong milik seorang pengusaha ternama di Kalbar Bambang Widjanarko yang berada di wilayah Siantan Kecamatan Pontianak utara.

Tampak mobil offroad dari berbagai komunitas seperti tim Carwash 77, tim Hantu Laut, SKIN, VES, Trooper nusantara, tim Lupus yang mengikuti latihan bersama di track dengan medan berlumpur dan berpasir.

Mengenal Anggota DPR RI Adrianus Asia Sidot, Mantan Bupati Landak Ini Gemar Olahraga Offroad

‎Ketua umum Pengda Indonesia Offroad Federation (IOF) Kalbar H M Tasdik menuturkan latihan bersama ini bagian kopi darat para offroader yang ada di kota Pontianak dan sekitar

"Latihan ini juga persiapan dari kita untuk mengikuti event kompetisi Offroad dalam rangka Hari Juang TNI ke 74 ke 2019 di ketapang pada pekan depan,"kata H M Tasdik.

Dikatakannya lagi,"dari latihan ini kita mengetahui kondisi mobil offroad yang akan tampil di ajang kompetisi nanti, sekaligus ajang silahturahmi sesama offroader," kata Ketua umum Pengda IOF Kalbar.

Mobil Offroad Tubular Ekstrem

Butuh waktu 8 bulan bagi H.M Tasdik untuk membangun satu unit mobil offroad yang siap menjajal lintasan ekstrem.

Bahkan, agar hobi offroadnya tersalurkan, ia harus mencari sparepart hingga diluar Kalbar dan rela menunggu barang pesanan datang, hingga siap dikerjakan, meskipun secara bertahap.

"Proses pengerjaannya membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan, bangunnya bertahap, karena masih becari barangnya (sparepart), bahkan ada beberapa barang yang kita pakai dari barang bekas yang masih layak pakai," kata ketua umum Pengda IOF Kalbar ini.

Mobil offroad yang ia bangun ini menggunakan bodi Tubular dengan mesin Suzuki APV 1500CC.

Alasannya, bodi Tubular dianggap lebih ringan dan kuat dikondisi ekstrem, kemudian dipilihnya mesin Suzuki APV 1500 CC karena memiliki karakter responsif dan juga menyesuaikan kelas-kelas yang dipertandingkan saat adanya event kompetisi offroad, baik diajang kejuaraan daerah maupun kejuaraan nasional.

Disektor kaki-kaki, mobil offroad Tubular ini menggunakan ban Simex Extreme Trekker 32X10.5 yang dipadukan dengan velg Daytona Beadlock.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved