Gubernur Sutarmidji Rencana Pangkas Eselon, Pengamat: Ikut Kebijakan Presiden

Sehingga menghambat efektifitas pelayanan kepada publik atau masyarakat, belum lagi patologi yang ada dalam birokrasi di Indonesia.

Gubernur Sutarmidji Rencana Pangkas Eselon, Pengamat: Ikut Kebijakan Presiden
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bercengkrama bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan saat hari ulang tahun Sutarmidji di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Jumat (29/11/2019). 

PONTIANAK - Kebijakan Gubernur Kalbar untuk memangkas eselon III dan IV dengan Artificial Intelligence (AI) pada 2020 mendatang, yang menyebabkan 75 persen eselon IV hilang tentunya mengacu kepada peraturan yang lebih tinggi lagi yaitu kebijakan dari Presiden.

Walaupun memang pejabat terkait akan dialihkan ke jabatan fungsional.

"Pemangkasan birokrasi inikan sudah ada semenjak Pak Jokowi menjabat sebagai Presiden birokrasi di Indonesia memang memiliki rentang yang terlalu panjang," jelas Pengamat Pemerintahan FISIP Untan, Rulida Yuniarsih

Sehingga menghambat efektifitas pelayanan kepada publik atau masyarakat, belum lagi patologi yang ada dalam birokrasi di Indonesia.

OJK Pastikan Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga

Mengenai dinas yang dipangkas, menurut saya Gubernur mesti sudah mempertimbangkan hal ini.

Evaluasi kinerja dari dinas-dinas tersebut mesti sudah dikaji dengan baik, sehingga diputuskan lah dinas-dinas itu dipangkas.

Pemangkasan ini menurut saya bukan hanya di Kalbar, dan sudah terjadi di seluruh Indonesia, karena kebijakan dari Presiden, agar rentang birokrasi tidak terlalu panjang.

"Saran saya untuk pemerintah di Kalbar, hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan di pemerintah pusat memang ada baiknya juga di tetapkan di pemerintah daerah, agar sejalan dalam roda pemerintahan," jelasnya.

Dengan begitu tentunya akan dapat terwujud good government di Indonesia terlebih bagi Kalimantan Barat itu sendiri. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved