Breaking News:

Warga Desa Engkangin Serahkan 34 Pucuk Senpi Rakitan ke Polsek Air Besar

Kapolsek Air Besar Iptu R Doloksaribu sebagai narasumber menyampaikan bahwa kepemilikan senjata api sudah di atur dalam undang-undang.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Polsek Air Besar
Sosialisasi terkait Senpi Rakitan untuk menjaga Cagar Alam Gunung Nyiut. 

LANDAK - Untuk melindungi dan pelestarian satwa liar yang dilindungi khususnya di kawasan Cagar Alam Gunung Nyiut.

Yayasan Planet Indonesia (YPI) melaksanakan sosialisasi yang dihadiri Forkopimcam Air Besar, Perangkat Desa Engkangin, dan warga Engkangin di Balai Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar pada Rabu (27/11/2019).

Sosialisasi yang dilaksanakan yakni terkait kepemilikan senjata api rakitan di masyarakat yang difasilitasi oleh Yayasan Planet Indonesia dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Kapolsek Air Besar Iptu R Doloksaribu sebagai narasumber menyampaikan bahwa kepemilikan senjata api sudah di atur dalam undang-undang.

Polda Kalbar Ungkap Kronologi Penangkapan Tersangka Pemilik Puluhan Senpi Ilegal

Yaitu UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dan, diperkuat dengan perizinan kepemilikan senjata api diatur dalam Surat Keputusan KAPOLRI No POL Nomor SKEP/82/II/2004.

Tentang petunjuk pelaksanaan pengamanan pengawasan dan pengendalian senjata api non organik TNI/POLRI.

"Kepemilikan senpi dilarang UU Darurat no 12 Tahun 1951, dengan sanksi ancaman hukuman 20 tahun penjara," terang Kapolsek.

Pada sosialisasi ini Kapolsek juga menyampaikan bahwa kompensasi yang diberikan YPI sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat berupa bantuan akses air bersih ini sangat penting untuk kelangsung generasi mendatang.

"Adanya air bersih akan membuat hidup mejadi sehat, dan hidup sehat akan mengakibatkan kecerdasar generasi untuk lebih maju dan berkembang, SEHAT PASTI PINTAR," tutur Kapolsek.

Sebagai penutup Kapolsek berpesan bahwa, kita masyarakat harus berfikir lebih maju, meski berkembang, mari berkomitmen menjaga kelestarian hutan dengan tidak memburu satwa dilindungi khususnya di wilayah Cagar Alam Gunung Nyiut

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved