Jaga Kelestarian Satwa Liar Dilindungi, YPI Sosialisasi Kepemilikan Senpi Rakitan

Pilipus Rusli menekankan bahwa konpensasi yang diberikan jangan diartikan bahwa YPI membeli senjata masyarakat.

TRIBUNPONTIANAK/Alfon Pardosi
Sosialisasi yang dilaksanakan di YPI bersama Forkomincam di Desa Engkangin. 

LANDAK - Untuk melindungi dan pelestarian Satwa liar yang dilindungi khususnya di kawasan Cagar Alam Gunung Nyiut di Desa Engkangin.

Yayasan Planet Indonesia (YPI) menggelar sosialisasi terkait penggunaan Senjata Api (Senpi) rakitan agar tidak digunakan untuk berburu hewan dilindunggi di CA Gunung Nyiut pada Rabu (27/11/2019).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Forkopimcam, Perangkat Desa Engkangin, dan Warga Engkangin di Balai Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak

Manajer Pelayanan Usaha Masyarakat Konservasi sekaligus Pengurus Yayasan Planet Indonesia Pilipus Rusli menekankan bahwa konpensasi yang diberikan jangan diartikan bahwa YPI membeli senjata masyarakat.

Warga Desa Engkangin Serahkan 34 Pucuk Senpi Rakitan ke Polsek Air Besar

"Tetapi ini lebih bagaimana kami sepakat untuk menghargai dalam bentuk penghargaan kepada masyarakat yang meyerahkan senjata api rakitannya," ujarnya.

Selain itu disampaikan juga bahwa bantuan yang akan disalurkn untuk kepentingan masyarakat akan dilihat dari total jumlah senjata yang terkumpul.

Sementara itu Sekdes Engkangin Jalin menekankan bahwa komitmen dari masyarakat sangat penting untuk di patuhi.

"Ini merupakan kerjasama kita dalam pelestarian satwa liar dilindungi khususnya di kawasan Cagar Alam Gunung Nyiut," jelasnya.

Danramil 12 Air Besar Kapten Arm Buntoro menekankan bahwa upaya dan hubungannya dengan penghidupan dan penertiban senjata api yakni untuk kelestarian lingkungan.

Dengan adanya komitmen masyarakat untuk menjaga lingkungan, maka pola-pola yang lama kita kembangkan menjadi pola-pola pertanian atau penghidupan yang optimal.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved