HIV AIDS di Kalbar

BREAKING NEWS - 7 Ribu Jiwa di Kalbar Terpapar HIV AIDS, 2019 Kaum Gay Mendominasi

tahun 2019 ialah banyaknya Laki seks dengan Lelaki lainnya (LSL) atau gay yang sudah terpapar virus HIV yakni sebanyak 19 orang.

BREAKING NEWS - 7 Ribu Jiwa di Kalbar Terpapar HIV AIDS, 2019 Kaum Gay Mendominasi
NET/ILUSTRASI GAY
BREAKING NEWS - 7 Ribu Jiwa di Kalbar Terpapar HIV AIDS, 2019 Kaum Gay Mendominasi. 

PONTIANAK - Tim Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Kalbar (KPAP) menyatakan ada 327 data resmi masyarakat yang terjangkit virus HIV di tahun 2019, semester pertama.

Pendataan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian KPAP terhadap masyarakat yang terpapar virus HIV di Kalbar.

Data ini juga diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, yang disampaikan langsung oleh Pengelola Program KPAP Kalbar, Asnaim.

Secara total lanjutnya hingga saat ini sudah ada 7.441 masyarakat di Kalimantan Barat (Kalbar) yang positif terjangkit virus tersebut.

Adapun data yang ditemukan ini diharapkan dapat menekan pertumbuhan angka tersebut agar tidak semakin bertambah dan berkurangnya resiko kematian akibat virus tersebut bagi yang sudah positif.

Asnaim mengungkapkan, khusunya di Kota Pontianak sendiri menjadi terbanyak yang terpapar virus HIV yakni 114 kasus, dan dilanjutkan berdasarkan persentasi penduduk, Kota Singkawang juga terbanyak yaitu 39 kasus.

Benarkah Nyamuk yang Menghisap Darah Penderita HIV Bisa Menularkan Pada Orang Sehat?

"Dengan data ini, kita sangat berharap sekali penekanan angka bisa terus kita upayakan, kita berikan edukasi kepada masyarakat khususnya remaja agar tidak sembarangan dalam hal-hal yang sepele, seperti gonta-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual, pemakaian jarum suntik secara bersamaan dan air susu ibu," ungkapnya.

Lebih lanjut, penemuan unik dari data kasus terbesar di 2019 ialah banyaknya lelaki seks dengan lelaki lainnya (LSL) atau gay yang sudah terpapar virus HIV yakni sebanyak 19 orang.

"Mungkin alasan ini meningkat karena teman-teman kita yang LSL banyak mendatangi tempat-tempat yang berisiko, sehingga pertumbuhan ini ketika diketahui sudah langsung banyak terpapar virus HIV tersebut," katanya.

Sedangkan untuk penderita positif HIV-AIDS terpapar melalui narkoba jarum suntik yakni 4 kasus, dua kasus unik ini merupakan temuan tim Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalbar di lapangan.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved