Petani Keluhkan Harga Daun Kratom di Kapuas Hulu Terjun Bebas dan Pengakuan Pembeli

"Para pembeli sudah tak berani mengambil terlalu banyak, itupun dengan harga yang murah," ujarnya, Minggu (24/11/2019).

Petani Keluhkan Harga Daun Kratom di Kapuas Hulu Terjun Bebas dan Pengakuan Pembeli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Petani daun kratom di Putussibau Selatan saat menjemur daun kratom miliknya. Dimana saat ini masih menjadi pro dan kontra legalitas hukum daun kratom tersebut. 

KAPUAS HULU - Sejumlah petani daun kratom (Purik) di Kabupaten Kapuas Hulu mengeluh kurangnya pembeli, dan harga sudah jauh menurun tak seperti dulu, sebelum pro dan kontra tentang legalitas hukum daun kratom tersebut.

Seorang petani daun kratom di Putussibau Selatan, Ujang Suwan (40) menyatakan, hingga saat ini daun kratom miliknya remahan dan basah, masih sekitar ratusan kilo belum terjual.

"Para pembeli sudah tak berani mengambil terlalu banyak, itupun dengan harga yang murah," ujarnya, Minggu (24/11/2019).

Bapak tiga ini menjelaskan, sebelum ada isu larangan, harga daun kratom yang sudah remahan, satu kilogram dibeli Rp 30-35 ribu. Sedangkan daun yang lagi basah, belum menjadi remahan Rp 10-15 ribu perkilogram.

Sekarang yang remahan Rp 20-23 ribu perkilogram dan basah Rp 5-6 ribu perkilogram.

Sutarmidji Tantang Lakukan Riset Kandungan Daun Kratom yang Disebut Narkotika oleh BNN

"Kalau dibandingkan harga dulu dan sekarang sangat jauh turun. Diharapkan, pro dan kontra legalitas daun kratom tidak mempengaruhi harganya, karena saat ini daun kratom adalah primadona matapencaharian masyarakat Kapuas Hulu," ungkapnya.

Sementara itu, seorang pembeli daun kratom di Putussibau Dede Sugita menyatakan dirinya memang sudah tidak terlalu banyak membeli daun kratom ke petani, karena legalitas hukum belum jelas.

"Apa lagi bos yang ada di Pontianak juga sudah kendor mengambil daun kratom," ujarnya.

Dede juga tidak mengakui bahwa, sejak terjadi pro dan kontra tentang legalitas hukum daun kratom, harga langsung melonjak turun.

"Dulu sebelum ada permasalahan, saya berani membeli ke petani, yang daun masih basah Rp10-17 ribu perkilogram, dan remahan Rp 31-35 ribu perkilogram.

Halaman
123
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved