Gelar Silaturahmi Budaya Nusantara, Langkah Kenalkan dan Cinta Terhadap Budaya

Pada acara yang bertajuk silaturahmi budaya Nusantara itu dihadiri oleh Forkopimda Prov. Kalbar,

Gelar Silaturahmi Budaya Nusantara, Langkah Kenalkan dan Cinta Terhadap Budaya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Kodam XII Tanjungpura saat Gelar silaurahmi Budaya Nusantara, di Aula Makodam XII Tanjungpura, Sabtu (23/11/2019) 

KUBU RAYA- Dalam rangka memupuk rasa persaudaraan, rasa persatuan dan kesatuan antar sesama, Kodam XII/Tanjungpura menggelar acara Silaturahmi Budaya Nusantara di Aula Makodam XII/Tpr, Sabtu (23/11/2019).

Pada acara yang bertajuk silaturahmi budaya Nusantara itu dihadiri oleh Forkopimda Prov. Kalbar, Para Ketua Paguyuban di Kalbar, Himpunan mahasiswa Papua dan masyarakat Papua di Prov. Kalimantan Barat.

Silaturahmi Budaya Nusantara yang digelar oleh Kodam XII/Tpr malam tersebut menampilkan beberapa tarian tradisional dari berbagai daerah yang ada di Indonesia diantaranya tari Jaipong dari Jawa Barat, tari Yospan dari Papua, tari Saman dari Aceh, tari Katrili dari Sulawesi Utara serta tari Cidayu dari Kalbar.

Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat, selain itu pada kegiatan ini juga bentuk pengenalan budaya kepada para generasi muda dari berbagai wilayah di Indonesia yang berada di Kalimantan Barat.

Sanggar Tari Bougenville Pontianak Wakili Indonesia Pada Festival Budaya BIMP-EAGA

"Kegiatan disini ialah bagaiman kita mengkolaborasikan, setiap budaya yang ada di tanah air kita, Tujuannya adalah bagaimana kita meningkatkan kecintaan pada generasi muda kita terhadap budaya kita,"Tuturnya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, budaya adalah menggambarkan peradaban suatu bangsa dan kita bangsa Indonesia apabila dilihat sejarahnya adalah memiliki budaya yang sangat tinggi seperti budaya gotong royong yang sudah mengakar dari Sabang sampai Merauke.

"Budaya ini tidak boleh kita tinggalkan harus kita lestarikan," tegas Pangdam XII/Tpr.

Selanjutnya menyampaikan, jadi dalam perkembangannya melalui budaya ini bisa menyatukan nusantara,untuk itu kedepan Kodam XII/Tpr akan mencoba bagaimana mengkolaborasikan budaya-budaya yang dimiliki tiap-tiap daerah. Yang menurut Pangdam tentunya sangat bagus untuk perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Dikatakan oleh Pangdam XII/Tpr bahwa saat ini hampir semua negara di dunia mengalami pergolakan-pergolakan. Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meminta dalam hal bernegara masyarakat kembali pada konsensus bersama para pendahulu bangsa ini

"Kita memiliki ideologi dan dasar negara Pancasila kemudian kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, saya kira ini sudah tepat oleh karena itu mari kita kedepan bisa menjaga ini semua," ajak Pangdam XII/Tpr.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved