DIPA 2020 Diserahkan, Ini Harapan LSM Citra Hanura Sanggau

Jangan sampai penyerapan anggaran APBN molor dari sekedul yang dibuat dan tantangan kinerja-kinerja kepala satuan kerja teruji.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wakil Ketua LSM Citra Hanura Sanggau, Abdul Rahim SH 

SANGGAU - Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau, Abdul Rahim SH menyampaikan dengan adanya penyerahan DIPA tahun anggaran 2020 dalam pengelolaan keuangan pusat ke kesatuan kerja yang ada di Kabupaten Sanggau maka dinas instansi terkait sudah harus mempersiapkan diri.

"Dalam mengimplementasikan seta menjabarkan pemanfaatan Anggara tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga dana dana tersebut dapat terserap sesuai jadwal atau sekedul yang telah dirancang," katanya, Jumat (22/11/2019).

Jangan sampai penyerapan anggaran APBN molor dari sekedul yang dibuat.

Terima DIPA dan Transfer Dana Desa 2020, Rupinus Minta SKPD Bekerja Lebih Baik

Dan tantangan kinerja-kinerja kepala satuan kerja teruji baik apabila bisa melakukan kinerja yang baik.

"Semoga anggaran tersebut tepat sasaran dalam memajukan Sanggau maju dan terdepan," ujarnya.

Dorong Infrastruktur

Terkait dengan diterimanya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diterima masing-masing Kabupaten.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan, Hari ini akan menyampaikan nota keuangan ke DPRD Sanggau untuk anggaran tahun 2020.

"Dan sudah kita lakukan langkah-langkah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saya berharap ini betul-betul sudah terkontrol oleh tim anggaran kita, dan tentu bersama banggar DPRD sehingga nanti akan ada lanjutan untuk pembahasan, "katanya, Jumat (15/11/2019).

Tentunya kita, lanjut PH sapaan akrabnya menjelaskan, sebagaimana sekarang diera keterbukaan, Sanggau sudah membuat satu sistem yang terintegrasi yang kita pusatkan informasinya ada di webnya Sanggau di Diskominfo.

"Kita menyampaikan tentunya kita lebih kepada pembangunan sebagai mana visi misi bupati, tahap awal di tahun 2020 nanti adalah bagaimana kita mendorong masih kepada infrastruktur. Dan juga infrastruktur ini mendukung betul implementasi sumber daya manusia, "ujarnya.

 Subhan Nur Harap Infrastruktur di Sambas Alami Peningkatan

 Dewan Dapil Serawai-Ambalau Paparkan Kondisi Infrastruktur di Sintang

 Karolin: Penggunaan DIPA Tahun 2020 Sesuai Petunjuk

Berikutnya tentu, kata PH sapaan akrabnya, dengan anggaran yang tersedia kita lihat efektifitasnya, kegunaanya. Mudah-mudahah nanti 
sudah bisa disetujui bersama antara Pemda dengan DPRD.

Berkaitan dengan dana desa, lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu, kita sudah membuat beberapa e-sistem terutama untuk perencanaan yang mungkin masih PR kita soal sistem pengawasan yang akan kita lakukan.

"Karena itu kita juga dikawal melalui pendampingan-pendampingan termasuk juga pelatihan untuk mereka. Nah dana desa kita tahun 2019 sudah 100 persen kita dorong anggaranya di desa. Mudah-mudahan pertanggungjawabnya segera akan selesai di Desember nanti, "ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved