TP4D Masih Berjalan, Kajari Landak: Kita Lebih Utamakan Fungsi Pencegahan

Artinya sudah membuat wacana bersama Pemkab, untuk meminimalisir korupsi di sektor-sektor pelayanan.

TP4D Masih Berjalan, Kajari Landak: Kita Lebih Utamakan Fungsi Pencegahan
TRIBUNPONTIANAK/ALFON PARDOSI
Kajari Landak Baringin Pasaribu SH MH 

LANDAK - Kajari Landak Baringin Pasaribu SH MH menerangkan bahwa pihaknya di Kejari Landak masih tetap menjalankan peran TP4D sebagaimana regulasi yang masih berjalan.

"Terkait katanya ada pembubaran, sampai saat ini kami masih belum menerima perintah langsung atau melalui surat atau pun petunjuk tentang pembubaran TP4D," ujar Baringin kepada Tribun pada Kamis (21/11/2019).

Lanjutnya, ada pun surat yang baru pihaknya terima dari Jaksa Agung yakni prihal koordinasi pelaksanaan tugas kejaksaan dalam penegakkan hukum dan penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Dimana surat tersebut juga ditujukan kepada para kepala daerah.

Tanggapan Kejari Kapuas Hulu Terhadap Wacana TP4D Dibubarkan 

"Surat itu juga sudah kami sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Landak, dalam hal ini Bupati," katanya.

Dijelaskan Kajari, dimana surat itu pada intinya menindaklanjuti arahan Presiden RI dalam rapat koordinasi Forkopimda se Indonesia di Sentul pada 13 November 2019 kemarin.

Surat tersebut menjelaskan agar Pemerintah Daerah merasa nyaman dengan hadirnya Kejaksaan, hingga investasi di daerah dapat berjalan dengan baik.

Pimpinan Kejaksaan RI tidak mentolerir dan akan menindak setiap bentuk penyalahgunaan kewenangan oleh oknum Kejaksaan RI dalam pelaksanaan tugas penegakkan hukum dan pembangunan yang dapat menciderai kepercayaan publik terhadap Kejaksaan RI.

Poin kedua, dalam rangka peningkatan koordinasi pelaksanaan tugas penegakkan hukum dan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bersama ini dimohonkan dukungan dan kerjasama Bupati untuk;

1. Tidak melayani atau memfasilitasi segala bentuk permintaan uang dan atau barang termasuk intimidasi atau intervensi terhadap pelaksanaan pekerjaan proyek di lingkungan pemerintah daerah yang dilakukan oleh oknum kejaksaan.

Halaman
123
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved