PT MAS Terima Studi Banding Calon Petani Plasma Kebun Kelapa Sawit Kabupaten Halmahera Timur

Saslihadi menyampaikan, Studi banding ini merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh PT DGS

PT MAS Terima Studi Banding Calon Petani Plasma Kebun Kelapa Sawit Kabupaten Halmahera Timur
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Humas PT MAS
Departemen Legal HO Jakarta, Saslihadi, GM PT Mas, Kun Hardadi, Penggurus KUD Kapetha dan calon petani plasma PT DGS saat foto bersama di depan Kantor PT MAS, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Selasa (19/11/2019). 

SANGGAU - Sejumlah calon petani plasma PT Dede Gandasuling (PT DGS) Desa Waijoy dan Jikomoy, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara melakukan studi banding ke PT Mitra Austral Sejahtera (PT MAS), Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Selasa (19/11/2019).

Rombongan calon petani bersama Camat Wasile Selatan, Perwakilan Kanwil BPN Maluku Utara dan Pemda setempat serta perwakilan PT DGS diterima GM PT MAS, Kun Hardadi didampingi Ketua KUD Kapetha dan pengurus serta jajaran manager estate PT MAS.

Hadir juga Kepala Desa Rahayu dan Pandan Sembuat serta undangan lainya. Dua desa tersebut merupakan masyarakat desa binaan PT Dede Gandasuling salah satu pemegang HGU yang ada di wilayah itu.

Departemen Legal HO Jakarta, Saslihadi menyampaikan, Studi banding ini merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh PT DGS untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai perkebunan kelapa sawit secara umum dan khusus nya untuk membuka wawasan dan cara pandang masyarakat tentang kelapa sawit terkait dengan kontribusi PT DGS dalam berinvestasi dan berpartisipasi di wilayah mereka.

Puluhan Pejabat Bintulu Malaysia Studi Banding ke Pontianak, Ini Yang Dipelajari

"Diharapkan dengan adanya studi banding ini peserta dapat mentransfer informasi yang didapatkan serta ikut serta aktif mensosialisasikan kepada warga masyarakat lainnya mengenai pentingnya investasi di wilayah mereka dan dapat ikut berpartisipasi mendukung kegiatan tersebut di wilayah mereka, sebab situasi kondusif merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan investasi di wilayah tertentu, "ujarnya melalui rilisnya.

"Pemilihan lokasi studi banding oleh PT DGS ke PT MAS didasari oleh pertimbangan bahwa PT MAS merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit manajemen nya terbaik yang ada di Kabupeten Sanggau serta salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berhasil dalam mengelola dan membina kebun plasma masyarakat, "ujarnya.

Selain peserta dari masyarakat desa Waijoi dan Jikomoy studi Banding ini juga di dampingi oleh Pemerintah Daerah dan BPN serta Dinas Pertanian setempat dan tak kalah penting nya juga melibatkan insan media baik dari media lokal Maluku Utara maupun media lokal Kalimantan Barat.

Penerimaan rombongan studi banding ini dilakukan oleh PT MAS dengan didampingi aparat pemerintahan desa rahayu dan padang sembuat yang merupakan desa sekitar areal PT. MAS. Sehingga diharapkan dapat membantu memberikan masukan yang objektif terhadap adanya pembangunan kebun kelapa sawit di wilayah mereka.

Dalam kesempatan acara studi banding ini peserta diberikan materi tentang perkebunan kelapa sawit oleh manejemen PT MAS dan materi tentang plasma dari Koperasi Unit Desa Kapheta yang merupakan salah satu KUD binaan PT MAS.

"Sehingga Peserta dapat dapat berintereaksi langsung dengan pelaku perkebunan dan pelaku program kebun plasma yang ada terkait manajemen plasma kelapa sawit serta dampak dan nilai tambah yang dapat diambil oleh masyarakat dengan adanya pembangunan perkebunan kelapa sawit di daerah mereka secara langsung dan objektif, "katanya.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved