Gubernur Sutarmidji Minta Lembaga Penelitian Ikuti Trend Perkembangan di Daerah

Ia juga berharap para peneliti bisa jeli memilih untuk objek penelitian dan bisa menjawab permasalahan sebanyak mungkin.

Gubernur Sutarmidji Minta Lembaga Penelitian Ikuti Trend Perkembangan di Daerah
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji menyampaikan arahannya dalam acara Temu Ilmiah Bidang Sosial dan Pemerintahan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat serta Pengukuhan pengurus Himpenindo Kalbar di hotel Ibis, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (20/11/2019).  

PONTIANAK -Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji meminta kedepan untuk Lembaga Penelitian baik itu di jajaran Pemerintah maupun Perguruan Tinggi harus bisa mengikuti trend perkembangan disuatu daerah.

Sehingga masalah-masalah yang menjadi pembicaraan di daerah ketika belum ada solusinya perlu dilakukannya suatu penelitian.

Ia juga berharap para peneliti bisa jeli memilih untuk objek penelitian dan bisa menjawab permasalahan sebanyak mungkin.

"Sehingga jangan sampai lembaga penelitian atau Litbang itu singkatannya yang seharusnya lembaga penelitian dan pengembangan lalu di anggap sulit berkembang karena orang yang disimpan disitu di anggap buangan misalnya," ujar H Sutarmidji, Rabu (20/11/2019).

Prof Husein Minta Himpenindo Kalbar Tunjukan Kontribusi Pada Pemerintah Lewat Penelitian

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber pada pengukuhan pengurus himpunan peneliti Indonesia (HIMPENINDO) dan Penandatangan MOU dengan Universitas Panca Bhakti dan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) kalbar, di Hotel Ibis.

Kemudian dirinya mencontohkan, Kratom dan kratom yang sedang ribut sekarang dimana-mana, seharusnya dilakukan penelitian secara konferehensif dari aspek kesehatan, aspek lingkungan, aspek sosial dan aspek ekonominya.

"Kalau penelitian itu sudah ada baru kita mengambil langkah-langkah dan kebijakan apa," jelasnya.

Tanpa melalui penelitian kebijakan atau keputusan yang di ambil, masih katanya, kadang justru menjadi polemik karena jawaban ilmiahnya tidak ada.

Padahal profesi sebagai peneliti itu sebenarnya mendapat tempat yang baik dan seharusnya orang-orang pintar, cerdas dan orang-orang yang mampu berfikir secara konferensif bisa menjawab permasalahan yang ada di suatu kawasan daerah. 

Kontribusi Pada Pemerintah Lewat Penelitian

Halaman
1234
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved