SSCASN Terkini

Penurunan Passing Grade CASN Dinilai Angin Segar Untuk Pendaftar

Ia menilai, jika passing grade dipatok terlalu tinggi, berpotensi menyebabkan banyaknya masyarakat yang belum bisa mencapainya.

Penurunan Passing Grade CASN Dinilai Angin Segar Untuk Pendaftar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI Pradana
Ketua DPD Gerindra Kalbar, Suriansyah 

PONTIANAK - Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah menyambut baik penurunan passing grade CASN 2019.

Ia menilai, jika passing grade dipatok terlalu tinggi, berpotensi menyebabkan banyaknya masyarakat yang belum bisa mencapainya.

Diungkapkannya pula, selama ini para pendaftar sulit mencapai passing grade rekrutmen CASN, lebih karena persoalan dunia pendidikannya yang tidak sama dengan di kota-kota besar.

Dalam menentukan passing grade, kata Suriansyah, pemerintah berpikir rasional tentang kualitas pendidikan yang belum merata. Karena jika disamaratakan, tentu menutup peluang anak daerah pada umumnya.

Pasca Dilantik, Suriansyah Nyatakan Dukung Program Gubernur Sutarmidji

Suriansyah Pesimis Serapan Anggaran TA 2019 Seperti Periode Lalu

Suriansyah: Gerindra Terbuka untuk Koalisi di Pilkada 2020

“Akibatnya nanti, para ASN di daerah malah didominasi dari pusat terutama Jakarta, Jawa dan sekitarnya,” tuturnya, baru-baru ini.

Hal semacam ini, kata Ketua DPD Gerindra Kalbar ini dikhawatirkan memunculkan sikap pesimis anak-anak daerah terhadap pemerintah.

“Jangan sampai menimbulkan masalah sosial dan politik baru akibat ketidakpuasan putra-putri daerah,” harapnya.

Walaupun diakui dia, passing grade untuk menyaring mereka yang benar-benar layak menjadi abdi negara. Namun ini mempersempit peluang putra-putri daerah.

“Tidak masalah passing grade ini diturunkan atau dikurangi. Lantaran kapasitasnya bisa ditingkatkan setelah menjadi ASN. Bisa di-upgrade melalui Diklat atau semacamnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada rekrutmen CASN 2018, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggunakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomo 37 Tahun 2018 (PermenPAN-RB 37/2018).

Pasal 3 PermenPAN-RB 37/2018 tersebut menyebutkan passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN 2018 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Namun dalam rekrutmen CASN tahun ini pemerintah mengeluarkan aturan baru, yakni PermenPAN-RB 24/2019. Pada Pasal 3 disebutkan, passing grade SKD CASN untuk TKP 126, TIU 80, dan TWK 65.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved