Bawaslu Kapuas Hulu Gunakan Siwaslu dalam Pengawasan Pilkada 

Bawaslu terus melakukan langkah-langkah pengawasan untuk mecegah, mengawasi bahkan menindak lanjuti jika ada pelanggaran pemilu.

Bawaslu Kapuas Hulu Gunakan Siwaslu dalam Pengawasan Pilkada 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an 

KAPUAS HULU - Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu Mustaan menyatakan, sekarang tahapan Pilkada tahun 2020 sudah mulai berjalan.

Untuk itu Bawaslu terus melakukan langkah-langkah pengawasan untuk mecegah, mengawasi bahkan menindak lanjuti jika ada pelanggaran pemilu.

"Dalam pengawasan, kami memanfaatkan teknologi infomasi, seperti menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pengawas Pemilu (SIWASLU)," ujarnya kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Mustaan menjelaskan, penggunaan teknologi sistem informasi pengawasan proses, dan hasil pemungutan, serta penghitungan suara dalam penetapan hasil Pemilu tersebut dinilai sangat efektif.

Pilkada 7 Daerah di Kalbar, Bawaslu RI Minta Masyarakat Tingkatkan Pengawasan

"Tahun ini kami melakukan inovasi dalam merekrut Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Socrative untuk menyeleksi para Panwascam," ucapnya.

Dalam rekrutmen tersebut, Bawaslu melakukan tes tertulis yang diadakan bersifat online, hal ini merupakan pedoman yang telah diputuskan oleh Bawaslu RI.

"Jadi adanya pemanfaatan teknologi (CAT), dengan harapan Panwascam kedepannya terbiasa memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya.

Mustaan menuturkan, calon pendaftar harus mengerti teknologi, bahkan harus mampu memanfaatkan peran sosial media untuk mengawasi dan mensosialisasikan ajakan untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran Pemilu kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, dalam setiap media promosi yang kami publikasikan selalu menyertakan alamat sosial media, serta website," ucapnya.

Dalam hal tersebut jelasnya Mustaan, bertujuan untuk membiasakan Panwascam manfaatkan teknologi informasi yang ada.

Halaman
12
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved