Breaking News:

Yuk Cari Tahu, Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Kedua, pancasila bisa menjadi cara untuk menyelesaikan persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik agar negara kita semakin maju.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Monumen Garuda Pancasila gagah mencengkeram. 
Yuk Cari Tahu, Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
PONTIANAK - Seringkali kita mendengar orang  lain mengatakan Pancasila sebagai Pandangan Hidup. Namun, banyak dari kita yang tidak mengetahui apa makna sesungguhnya. 
Saat ini, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup nih teman-teman. 
Pertama, pancasila dijadikan petunjuk untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Baik itu permasalahan yang terjadi di Indonesia atau bahkan di masyarakat dunia.
Kedua, pancasila bisa menjadi cara untuk menyelesaikan persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik agar negara kita semakin maju.
Ketiga, warga negara Indonesia jadi memiliki acuan untuk membangun dirinya berdasarkan apa yang menjadi cita-cita bangsa.
Keempat, pancasila sebagai pandangan hidup bisa mempersatukan masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.
Selain menjadi dasar negara, pancasila juga harus dijadikan sebagai pandangan hidup oleh seluruh warna negara.
Beberapa teman-teman mungkin sudah pernah mempelajarinya di sekolah dan sebagian mungkin belum mengetahuinya.
Nah, sekarang kita simak yuk penjelasan Pancasila sebagai pandangan hidup!
Arti Pancasila sebagai pandangan hidup ternyata ada di lima silanya. Yang pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.
Dari sila pertama ini mengartikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia mempercayai dan bertakwa pada Tuhan.
Tentunya ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing orang, ya.
Karena itu makna dari sila ini juga berarti kita perlu saling menghormati antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang rukun.
Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Memaknai sila kedua, kita diminta oleh negara untuk melihat kesetaraan diantar semuanya.
Bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama sehingga kita harus saling menyayangi satu dengan yang lain.
Tidak hanya itu, kita harus bisa menjaga dan membela kebenaran dan keadilan untuk kita dan negara. 
Ketiga, Persatuan Indonesia. Sila ketiga berarti kita harus menempatkan kesatuan, persatuan, dan kepentingan negara dari kepentingan masing-masing.
Kita harus mempunyai kepribadian yang rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, serta bangga pada negara.
Keempat, Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.
Sila keempat ini mengajak kita untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain dan mengutamakan kepentingan negara dan orang lain.
Terkadang kita akan menemukan perbedaan pendapat dan cara pandang. Namun, kita harus menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah atau berdiskusi.
Kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Makna dari sila ini berarti mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong, selalu bersikap adil.
Selain itu kita harus seimbang antara hak dan kewajiban dengan juga menghormati hak-hak orang lain.
Pedoman Hidup
"Menurut saya, Pancasila  sebagai pandangan hidup berarti menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam berkegiatan maupun beraktivitas, nah kita sebagai warna negara harus  bertingkah laku sesuai dengan apa yang telah terkandung di dalam pancasila itu," terang pelajar SMA N 7 Pontianak, Adinda Nur Aisyah
 
Terikat Oleh Dasar Negara
"Pancasila kan sebagai  ideologi negara, sebagai identitas negara. Yang dimana itu segala aspek kehidupan masyarakat berlandaskan Pancasila. Sebagai pandangan hidup itu misalnya sila pertama kan ketuhanan yang maha esa. Yang berarti warga negara Indonesia itu harus beragama. Dan diperkuat lagi dengan undang undang dasar sebagai kewajiban warga negara untuk beragama. Istilahnya kehidupan kita terikat oleh dasar negara tersebut. Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa itu penting banget untuk kehidupan sehari hari, tetapi masih aja banyak yang melenceng dan acuh tak acuh terhadap fungsi pancasila tersebut," jelas Risna Nur Shapira, pelajar Man 2 Pontianak
Terapkan Lima Sila
"Pedoman kita sebagai rakyat Indonesia, yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Agar kita menjadi manusia yang sadar untuk menerapkan sila-sila dari Pancasila tersebut," jelas pelajar SMA Negeri 7, Rifky Fajar Rachmawan.
Batas Bertingkah Laku 
"Bagi saya Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila itu acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai pedoman serta batasan warga negara bertingkah laku dalam menjalani hidup agar sesuai dengan nilai-nilai moral dan jati diri bangsa Indonesia," kata
Annisa Usholihah, pelajar  SMA Negeri 7 Pontianak

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved