Jelang Pilkada, JaDI Dorong Lembaga Survei Daftarkan Diri ke KPU

Ada beberapa ketentuan yang diatur dalam Undang-undang dan PKPU terkait survei atau jajak pendapat yaitu bahwa lembaga survei

Jelang Pilkada, JaDI Dorong Lembaga Survei Daftarkan Diri ke KPU
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Presedium JaDI Kalbar, Umi Rifdiawaty 

PONTIANAK - Presedium JaDI Kalbar Umi Rifdiawaty mengatakan undang-undang nomor 10 tahun 2016 mengatur tentang partisipasi masyarakat dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya adalah survei atau jajak pendapat.

Selanjutnya secara teknis KPU mengatur tentang ketentuan dari pelaksanaan kegiatan partisipasi masyarakat tersebut termasuk lelah kegiatan survei atau jajak pendapat.

Ada beberapa ketentuan yang diatur dalam Undang-undang dan PKPU terkait survei atau jajak pendapat yaitu bahwa lembaga survei atau jajak pendapat dilakukan oleh lembaga yang telah terdaftar di KPU Provinsi/Kabupaten/Kota.

Kemudian dalam mendaftarkan lembaganya, lembaga survei tersebut wajib menyampaikan beberapa persyaratan yang diantaranya berupa pernyataan bahwa lembaga survei tersebut tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilihan.

Jelang Pilkada, Poltracking Kalbar Pastikan Profesional Lakukan Survei

Jelang Pilkada 2020, Tokoh Masyarakat Imbau Masyarakat Jaga Kerukunan

Jelang Pilkada 2020, Beberapa Pimpinan Parpol Masih Lakukan Komunikasi Politik

Tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilihan, bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat secara luas.

Mendorong terwujudnya suasana kondusif bagi penyelenggaraan pemilihan yang aman, damai, tertib dan lancar.

Benar-benar melakukan wawancara dalam melaksanakan survei atau jajak pendapat, tidak mengubah data lapangan maupun dalam pemrosesan data.

Menggunakan metode penelitian ilmiah, melaporkan metodologi pencuplikan data, sumber dana, jumlah responden, tanggal dan tempat pelaksanaan survei atau jajak pendapat.

Kemudian bahwa survei atau jajak pendapat yang dilakukan meliputi antara lain survei tentang perilaku pemilih, survei tentang pemilihan, survei tentang kelembagaan pemilihan seperti penyelenggara pemilihan, partai politik, parlemen/legislatif, pemerintah, dan/atau survei tentang pasangan calon.

Terkait survei survei yang dilakukan saat ini, tentu menjadi ranah KPU untuk memberikan penjelasan kepada publik tentang eksistensi lembaga lembaga survei tersebut

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved