Presiden Jokowi Jelaskan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Bagi Indonesia 

Dalam sejumlah kesempatan, Presiden Joko Widodo acap kali mengatakan bahwa infrastruktur merupakan modal utama bagi Indonesia.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Presiden Jokowi 

PONTIANAK- Mengapa memilih infrastruktur sebagai fokus pemerintahan dalam lima tahun pertama?

Dalam sejumlah kesempatan, Presiden Joko Widodo acap kali mengatakan bahwa infrastruktur merupakan modal utama bagi Indonesia.

Sehingga dapat melaju dan bersaing dengan negara-negara lain di masa mendatang.

Namun, Presiden ternyata memiliki sejumlah alasan lain mengenai pilihan program utama pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada 2014-2019 lalu.

Muda Mahendrawan Sebut Alokasi Anggaran Kubu Raya Terbesar di Infrastruktur

Terima Dana DIPA, Paolus Hadi: Tahun 2020 Kita Masih Mendorong Kepada Infrastruktur

"Infrastruktur artinya banyak sekali dan dengan itulah kita nanti memiliki fondasi yang kuat untuk berkompetisi dengan negara lain," ujar Presiden dalam diskusi Forum A1 yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 November 2019, melalui rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Untuk diketahui, Forum A1 yang kali ini mengangkat tema "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" digelar oleh Inisiator Indonesia.

Forum tersebut menghadirkan Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan sebagai narasumber.

Saat ditanyakan mengenai pertanyaan sebelumnya tersebut, Presiden mengatakan, infrastruktur merupakan fondasi utama bangsa Indonesia untuk bersaing dengan negara lainnya. Saat ini, negara Indonesia masih berupaya untuk terus meningkatkan daya saingnya.

"Kita masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain dalam Indeks Daya Saing. Kita ingin berada pada posisi di depan," ujarnya.

Namun, menurutnya, infrastruktur bukan semata melakukan pembangunan sejumlah sarana seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, dan lain sebagainya.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved