Breaking News:

FORMI Kalbar Utus 44 Peserta di Festival Olahraga Rekreasi di Kaltim

FORNAS merupakan kegiatan olahraga rekreasi masyarakat yang digelar setiap 2 tahun sekali.

TRIBUNPONTIANAK/ZULKIFLI
Pelepasan kontingen FORMI Kalbar oleh Kadisporapar Kalbar, di taman Digulis Untan, Kamis (14/11/2019) Kemarin. 

PONTIANAK - Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) memberangkatkan 44 peserta pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke-5 yang berlangsung di Kalimantan Timur, pada 15-18 November

Sekretaris FORMI Kalimantan Barat, Adiyudha Permana mengatakan, FORNAS merupakan kegiatan olahraga rekreasi masyarakat yang digelar setiap 2 tahun sekali.

Pada tahun ini ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dan sejumlah cabang eksebisi meliputi olahraga tradisional dan kreasi budaya, olahraga kesehatan dan kebugaran serta olahraga petualangan dan tantangan.

3 Tips & Trik Fashion Biar Paha Terlihat Kecil Meski Tanpa Olahraga

Sejarah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, Pengembangan Olahraga Rekreasi di Kalbar

Sementara kontingen FORMI Kalimantan Barat, akan mengikuti sejumlah cabang dengan melibatkan induk organisasi kreasi masyarakat seperti, Asosiasi Esports Indonesia (IeSPA), Persatuan Olahraga Sumpit Kalimantan Barat (POSKB), Ikatan Langkah Dance Indonesia, (ILDI), BMX, dan Komunitas Senam Jantung Sehat (KJS).

"Tujuan dari keikutsertaan kali ini yakni mendorong perkembangan olahraga, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga dan mengangkat budaya olahraga," katanya kepada Tribun Jumat (15/11/2019).

Adapun peserta pada ajang FORNAS ini di antaranya FORMI DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Sumatra Barat, Sulawesi Tenggara, Papua, Sumatra Selatan, Sulawesi Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Banten, Riau, Bali, NTB, Kepri dan Maluku.

FORMI Kalbar telah terbentuk sejak 2014. Saat ini merupakan kepengurusan baru tahun 2019.

Adapun tujuan dari berdiri wadahnya olahraga rekreasi ini di antaranya mensosialisasikan peraturan Gubernur nomor 9 tahun 2010, tentang penyelenggaraan keolahragaan.

Kemudian menyetarakan FORMI dan KONI, karena sama-sama memiliki hak kedudukan dalam undang-undang keolahragaan Nasional.

"Kami juga sudah menghimpun 20 cabang olahraga di wilayah Kalbar. Artinya FORMI setara dengan KONI hanya lingkup kami di olahraga rekreasi. Kalo KONI olahraga prestasi," ujarnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Zulkifli
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved