Entaskan Kemiskinan, Baznas Kota Pontianak Luncurkan Program Layanan Aktif Baznas

Ia menerangkan baznas kota Pontianak juga ikut berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di Kota Pontianak

Entaskan Kemiskinan, Baznas Kota Pontianak Luncurkan Program Layanan Aktif Baznas
TRIBUNPONTIANAK/HAMDAN DARSANI
Baznas Pontianak luncurkan program aktif baznas berbagi beras dan Lounching Entery database Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Rabu (14/11/2019) 

PONTIANAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak meluncurkan program Layanan Aktif Baznas(LAB),Lounching Entery database Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Bantuan Program Ekonomi.

Ketua Baznas Kota Pontianak Nashrullah Chatib menjelaskan pihaknya secara massif mensosialisasikan zakat kepada masyarakat. Pihaknya juga secara rutin terus menyantuni asnaf atau mendistribusikan zakat yang terhimpun kepada fakir miskin.

"Program sekarang ini adalah program Layanan Aktif Baznas(LAB). Didalam program tersebut memenuhi pangan yang primer kepada masyarakat fakir miskin," ujarnya.

Ikut Entaskan Kemiskinan, Baznas Pontianak Luncurkan Program Berbagi Beras dan Entry database UPZ

Entaskan Kemiskinan, Baznas Pontianak Luncurkan Program Berbagi Beras dan Entry Database UPZ

Ia menerangkan baznas kota Pontianak juga ikut berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di Kota Pontianak salah satunya melalui program Layanan Aktif Baznas Berbagi Beras(LAB-BB).

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pendataan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang tersebar di Kota Pontianak. Nashrullah menjelasakan bahwa UPZ merupakan patnership dari Baznas dalam rangka menyalurkan dan menghimpun zakat umat.

"Melalui program aplikasi entry UPZ kita akan punya data base dan sebarannya yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan program ekonomi berupa bantuan modal usaha. Melalui program ini diharapkan dhuafa bisa berdaya dan suatu saat bisa menjadi muzaki.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak M Ekshan menyambut positif peluncuran program yang diluncurkan oleh Baznas Kota Pontianak.

Menurutnya Baznas maupun UPZ dilahirkan dari rahimnya Kementerian Agama. Oleh karena itu setiap program pemberdayaan umat yang dilakukan akan didukung penuh oleh Kementerian Agama.

"Baznas dan Kementerian Agama selama ini selalu aktif berkomunikasi dan selalu bersinergi. Bahkan dalam rangka mendukung program baznas kita menggalakkan zakat profesi," ujarnya.

Ia menerangkan setiap tahun institusi dari Kemenag selalu terbesar dalam menghimpun zakat ASN. Karena sasaran dari Baznas itu selain menghimpun zakat dari Masjid juga menghimpun zakat dari instansi pemerintah.

"Mungkin kedepan bisa menggalang ke BUMN atau BUMD yang sesuai dengan ruang lingkupnya," ujarnya.

Oleh karena itu, pihakanya selalu mendorong agar baznas selalu berinovasi bukan hanya pada program seperti ini akan tetapi juga pada program yang lainya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved