Pemprov Kalbar Berharap Hubungan Bersama DPRD Terus Harmonis

Ia menjelaskan, kepala daerah dan DPRD dalam hal ini melalui pimpinan DPRD wajib mempunyai hubungan yang bersinergi dan harmonis.

Pemprov Kalbar Berharap Hubungan Bersama DPRD Terus Harmonis
TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Wagub Kalbar, Ria Norsan saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar saat paripurna pelantikan pimpinan definitif DPRD Kalbar, Rabu (13/11/2019). 

PONTIANAK - Wagub Kalbar, Ria Norsan berharap agar hubungan DPRD dan Kepala Daerah dapat berjalan dengan harmonis.

Hal ini diungkapkannya saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar saat paripurna pelantikan pimpinan definitif DPRD Kalbar.

Ia menjelaskan, kepala daerah dan DPRD dalam hal ini melalui pimpinan DPRD wajib mempunyai hubungan yang bersinergi dan harmonis.

Sebagaimana diatur pasal 207 ayat 1 UU 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

DPRD Dorong Pemkot Singkawang Isi Jabatan Struktural yang Kosong

Kembali Dilantik Jadi Ketua DPRD Kalbar, Kebing Sebut Perlu Dukungan Semua Pihak

Menurutnya, hubungan kerja DPRD dan kepala daerah didasarkan atas hubungan kemitraan yang sejajar.

"Saya yakin dalam semangat kemitraan yang produktif, Gubernur dan Wakil Gubernur serta DPRD Kalbar dalam lima tahun ke depan akan bergerak dalam suatu dinamika yang konstruktif dan bermuara terciptanya kemajuan dan kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat Kalbar," katanya, Rabu (13/11/2019).

Dengan begitu, lanjutnya, akan ada tujuan bersama dalam pembentukan peraturan daerah. Kemudian penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD.

Selain itu pula, meliputi tujuan terhadap kerjasama yang akan dilakukan pemda, rapat konsultasi DPRD dengan kepala daerah secara berkala dan bentuk lain sesuai ketentuan perundang-undangan.

Ia pun menerangkan, keberadaan pimpinan DPRD menjadi penting dan strategis oleh karenanya pemrpov Kalbar menyambut baik dengan ada pimpinan definitif.

Sebab dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, pimpinan DPRD jembatan penghubung pemda dan DPRD melalui mekanisme konsultasi.

Selain itu, kata dia, Pemprov Kalbar menaruh harapan besar kepada pimpinan DPRD Kalbar akan melaksanakan tugas dan fungsinya profesional. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved