Belum Sepekan Jabat Kapolres Mempawah, Telah Terjadi Penipuan Mengatasnakan AKBP Tulus Sinaga

Kapolres menilai yang bersangkutan sudah memahami benar tugas-tugas sebagai ajudan sehingga cukup meyakinkan.

Belum Sepekan Jabat Kapolres Mempawah, Telah Terjadi Penipuan Mengatasnakan AKBP Tulus Sinaga
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Polres Mempawah menggelar kegiatan kenal pamit Kapolres Mempawah sebelumnya KBP Didik Dwi Santoso Sik ke Kapolres baru AKBP Tulus Sinaga Sik MH 

Belum Sepekan Jabat Kapolres Mempawah, Telah Terjadi Penipuan Mengatasnakan AKBP Tulus Sinaga

MEMPAWAH - Modus penipuan terjadi di Mempawah dan kali ini mengatasnamakan Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, S.IK, MH, dan Ajudan. Dimana Kapolres Mempawah saat ini baru menjabat belum sepekan di Mempawah.

"Jadi pada hari Rabu tanggal 13 nopember 2019 sekitar pukul 11.00 wib, beberapa orang pengusaha pengguna di wilayah Kabupaten Mempawah dihubungi seseorang yang mengaku ajudan Kapolres Mempawah," ujar AKBP Tulus Sinaga.

AKBP Tulus Sinaga mengatakan dalam komunikasinya yang bersangkutan mengaku bernama Briptu Margono dan mengaku Ajudan Kapolres Mempawah.  

Kenaikan Tarif Tak Wajar, Direktur PDAM Mempawah Akui Kesalahan Sistem

Teror Bom di Polrestabes Medan, Polres Ketapang Tingkatkan Kewaspadaan

"Jadi yang bersangkutan ini menelepon para pengusaha dan meminta  agar segera menghubungi Bapak Kapolres Mempawah di  No. Telp. 081296879595. Pada saat ditanya ada apa, yang bersangkutan enyampaikan agar telefon saja langsung ke Kapolres," lanjutnya. 

Kapolres menilai yang bersangkutan sudah memahami benar tugas-tugas sebagai ajudan sehingga cukup meyakinkan. 

"Dengan Modus yang dilontarkan yaitu dengan hanya memberikan Nomor Telepon yang sudah dirancang (disiasati sebagai Kapolres), menandakan bahwa yang bersangkutan mengerti akan tugas ajudan. Yaitu hanya menyampaikan yang seolah-olah hal itu adalah pesan Kapolres, tidak serta merta langsung meminta bantuan," katanya.

Maka Kapolres berpesan agar masyarakat khususnya para pengusaha yang ada di Wilayah Kabupaten Mempawah apabila ada orang yang mengaku ajudan ataupun pejabat Polres Mempawah yang meminta bantuan agar di konfirmasi terlebih dahulu dan tidak memberikan bantuan .

"Polres Memoawah dengan ini memberitahukan serta menginformasikan bahwa pejabat Polri tidak akan pernah menelepon ataupun SMS untuk meminta sejumlah uang dan atau fasilitas, dan apabila ada masyarakat mendapat telepon yang mengatasnamakan pejabat Polri agar melakukan Cross Check terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran. Kapolres tidak pernah memerintahkan adc Atau siapapun Untuk kepentingan apapun juga," pungkas AKBP Tulus Sinaga.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved