TRIBUN WIKI

Sejarah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, Pengembangan Olahraga Rekreasi di Kalbar

Berbagai upaya dilakukan pemerintah maupun masyarakat untuk mengurangi tingkat stres, satu diantaranya melalui olahraga rekreasi

Sejarah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, Pengembangan Olahraga Rekreasi di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/Ni Made Gunarsih
Sekretaris FORMI Kalbar (kanan) pada Jalan Sehat Nasional Kalbar 2019 

Sejarah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, Pengembangan Olahraga Rekreasi di Kalbar

PONTIANAK - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menguras tenaga dan dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Tetapi masih saja banyak masyarakat yang merasa tidak sempat untuk melakukannya atau merasa tidak nyaman dengan olahraga karena dianggap tidak menyenangkan.

Banyak pula yang tidak sempat melakukan olahraga karena kesibukan yang dilakukan seperti bekerja, padahal kurangnya olahraga bisa menyebabkan stres dan penurunan fungsi tubuh.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), sekitar 450 juta orang di Dunia mengalami stres.

Sedangkan untuk di Indonesia tercatat sekitar 10 persen dari total penduduk Indonesia yang mengalami stres berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), pada tahun 2013.

FORMI Ikut Ramaikan Perayaan Hari Jadi Kota Pontianak

Berbagai upaya dilakukan pemerintah maupun masyarakat untuk mengurangi tingkat stres, satu diantaranya melalui olahraga rekreasi.

Olahraga Rekreasi sendiri biasanya merupakan kegiatan olahraga yang tidak masuk dalam cabang perlombaan pada PON tetapi memiliki lingkup sendiri dan bersentuhan langsung ke masyarakat.

Melihat antusias masyarakat pada olahraga kreasi terbentuklah organisasi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) yang mampu menaungi karekteristik olahraga yang tumbuh dan berkembang di masyarakat tersebut.

Di wilayah Kalimantan Barat, FORMI sudah terbentuk sejak tahun 2009.

Meski saat itu masih di lingkup Kota Pontianak tetapi seiring berjalan waktu dan semakin berkembangnya olahraga rekreasi terbentuklah FORMI Kalbar.

Sesuai dengan amanah undang - undang Sistem Keolahragaan Nasional 2005 nomor 3 tentang dasar hukum pengembangan Olahraga Rekreasi.

Halaman
123
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved