Majelis Ta'lim Al-Barzanji Sekadau Buka Rangkaian Kegiatan Maulid Tradisional Al-Barzanji

Adapun kegiatan Maulid Tradisional ini berlangsung selama 4 bulan atau 107 hari yang dimulai pada setiap 12 rabiul awal

Majelis Ta'lim Al-Barzanji Sekadau Buka Rangkaian Kegiatan Maulid Tradisional Al-Barzanji
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pembukaan rangkaian kegiatan Maulid Tradisional Al-Barzanji di Masjid Babussalm Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, sabtu (9/11/2019) 

SEKADAU - Pengurus Majelis Ta'lim Al-Barzanji Maulid Tradisonal (MTAMT) Kabupaten Sekadau melaksanakan kegiatan pembukaan rangkaian kegiatan Maulid Tradisional Al-Barzanji di Masjid Babussalm Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, sabtu (9/11) pagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jamaah Maulid Al-Barzanji dari berbagai daerah di Kabupaten Sekadau ini dibuka langsung oleh Asisten 3 Bupati Sekadau, Sapto Utomo ditandai dengan pemukulan gendang sebanyak 5 kali.

Ketua MTAMT Kabupaten Sekadau, H. Abdul Bakar mengatakan kegiatan seperti ini sudah berlangsung selama 10 tahun dan tahun ini dilaksanakan di zona 1 yaitu di Desa Tanjung Kecamatan Sekadau.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Maulid Tradisional Kabupaten Sekadau dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona 1 mencakup wilayah Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu, wilayah 2 Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap, wilayah 3 untuk wilayah Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu.

Ini Harapan Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia Kota Singkawang Budiman di HUT Pemkot Singkawang

Syukuri Nikmat Sehat, Majelis Taklim Asmaul Husna Borong 100 Kupon GPU Jalan Yahuud

Majelis Taklim Al-Maghfirah Borong 100 Tiket GPU Jalan Yahud Bersama Tribun Pontianak

"Untuk mempermudah akomodir jamaah, kita bagi zona. Namun untuk zona 3 baru Desa Sungai Ayak 1 yang sudah terjadwal ikut dalam setiap kegiatan maulid ini," ucapnya.

Adapun kegiatan Maulid Tradisional ini berlangsung selama 4 bulan atau 107 hari yang dimulai pada setiap 12 rabiul awal dan berakhir pada bulan jumadil akhir.

"Untuk diwilayah zona 1 yaitu Kecamatan Sekadau dilaksanakan di 35 sampai 38 Masjid dan Surau, sedangkan wilayah Kecamatan Sekadau Hulu ada 30 Masjid, jadi total di zona 1 saja ada kurang lebih 65 sampai 38 Masjid dan Surau yang menyelenggarakan Maulid," ucapnya.

Jika dilihat dari jumlah hari dan tempat pelaksanaanya, maka hampir setiap dua hari sekali ada kegiatan Maulid dan hanya ada sekitar 27 hari saja istirahat semenjak dibukanya kegiatan ini.

Tampak hadir dalam kegiatan Bupati Sekadau yang diwakili oleh Asisten 3 Sapto Utomo, Kemenag Sekadau yang diwakili oleh Kasubag TU H. Suprapto, Pengurus DMI Sekadau, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, Pengurus MTAMT, pengurus PHBI dan jamaah dari berbagai daerah yang lebih dari 500 orang.

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved