Buka Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Kurniawan: Anak Butuh Figur Panutan Pola Hidup Sehat

Kurniawan menjelaskan, point penting pada kegiatan cuci tangan pakai sabun ini adalah anak-anak itu membutuhkan figur

Buka Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Kurniawan: Anak Butuh Figur Panutan Pola Hidup Sehat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/AGUS PUJIANTO
Plt Asisten I Setda Sintang, Kurniawan beserta tim penggerak PKK mencontohkan cuci tangan menggunakan sabun. 

SINTANG - Plt Asisten I Setda Sintang, Kurniawan mengatakan orangtua harus memberikan contoh bagaimana mencuci tangan kepada sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Sehingga kebiasaan yang ditanamkan orangtua terhadap anaknya akan berpengaruh terhadap perilaku anak untuk hidup sehat.

"Kalau orang tua ingin anak-anak punya perilaku selalu mencuci tangan, maka harus memberikan contoh. Jadi anak itu meniru, kalau yang di tirunya baik, baiklah dia, kalau yang ditirunya tidak baik maka dia akan melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik," kata Kurniawan saat menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di TK Bhayangkari.

Bupati Martin Rantan Buka Pencanangan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Cegah Penyakit, Rosalina Ajak Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Kampanyekan Hidup Sehat, Dinkes Kubu Raya Ajak Biasakan Pola Cuci Tangan Pakai Sabun

Kurniawan menjelaskan, point penting pada kegiatan cuci tangan pakai sabun ini adalah anak-anak itu membutuhkan figur panutan terkait pola hidup sehat ini.

Oleh sebab itu, orang tua pesan Kurniawan jangan hanya menyuruh saja, tapi memberi contoh. Contoh itu lah yang dilihat dan di dengar oleh anaknya, sehingga kegiatan ini menjadi hal yang sangat penting.

" Terlebih kepada ibu-ibu yang merupakan orang terdekat dan setiap saat berinteraksi bersama anak-anaknya, sehingga apa yang diucapkan, apa yang di lakukan dan diinginkan ibu-ibu itu pasti secara total masuk kepada pikiran anak-anaknya. Maka anak yang baik adalah buah dari orang tua yang baik, begitu juga sebaliknya," beber Kurniawan.

Pemerintah Daerah menurut Kurniawan sangat mendukung dan mengapresiasi atas terselenggarakanya kegiatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia di Kabupaten Sintang ini.

Karena kegiatan ini sangat sejalan dengan salah satu visi dan misi pemerintah daerah yakni untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang sehat, terlebih ini melibatkan anak-anak usia dini yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Pembangunan secara nasional saat ini mengarah kepada pembangunan yang berbasis hak. Jadi cuci tangan pakai sabun ini adalah mengubah perilaku, dan merubah karakter masyarakat dan itu tidak mudah,”kata Kurniawan.

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved